Home / Sejarah / Serunya Mainan Anak Tahun 90an

Serunya Mainan Anak Tahun 90an

mainan-tahun-90-anSerunya Mainan Anak Tahun 90an

Kabar SurabayaSerunya Mainan Anak Tahun 90an – Bicara tentang mainan anak di tahun 2016 ini pasti tidak akan jauh dari yang namanya gadget, game online, Playstation, Xbox, Nintendo dan permainan lainnya yang berbau elektronik. Meskipun terkesan jadul namun mainan anak tahun 90an juga punya permainan yang seru, baik mainan anak perempuan maupun mainan anak laki-laki.

Sekedar di ketahui bahwa generasi 90an ini adalah generasi dengan julukan pantang pulang sebelum Maghrib. Memang generasi 90an ini juga mempunyai lebih banyak ragam dolanan bersama teman yang di lakukan secara fisik. Sebut saja Gobak sodor, Bentengan, Engklek dan lain sebagainya.

Baca : Sarapan Wenak Di Lontong Kikil Bu Sugeng Surabaya

Kali ini kita akan membahas jenis-jenis permainan yang pernah hit’s di era 90’an dan hampir tidak bisa di temui pada saat ini.

1. Bongkar Pasang Gambar

Hampir semua anak perempuan pasti pernah memainkan permainan ini. Mainan Anak Tahun 90an ini terbuat dari kertas karton yang berisi gambar-gambar boneka lengkap dengan baju, celana dan aksesoris lainnya. Cara memainkannya gampang, yaitu tinggal melepas dan memotong gambar-gambar yang ada lalu memainkan bersama teman.

2. Balon Tiup

Satu set permainan ini terdiri dari kemasan gel wana-warni dan sedotan plastik kecil berwarna kuning. Cara memainkan Mainan Anak Tahun 90an ini, tinggal mengeluarkan gel warna-warni tersebut lalu meletakkannya di ujung sedotan. Lantas kita bisa meniupnya dari ujung sedotan yang lain. Semakin banyak gel yang kita keluarkan, semakin besar pula balon yang bisa kita ciptakan. Namun balon ini juga rentan bocor apabila di tiup terlalu kencang.

3. Tulup (Sumpitan)

Mainan Anak Tahun 90an ini adalah mainan anak laki-laki yang terbuat dari bambu kecil yang di bentuk seperti pistol atau senapan. Untuk pelurunya menggunakan biji kacang hijau. Caranya biji kacang hijau di kulum dalam mulut secukupnya lalu di tembakkan melalui tulup tersebut. Biasanya dalam permainan ini di bentuk dua grup yang saling menyerang seperti perang-perangan. Namun harap di perhatikan untuk tidak mengarahkan senjata ini ke area mata, karena bisa berbahaya.

4. Kapal Otok-Otok

Mainan Anak Tahun 90an ini akan membuat anak laki-laki rela duduk berjam-jam hanya melihat kapal ini berputar di dalam ember. Dengan mengisi minyak goreng secukupnya maka Kapal Otok-Otok ini akan berputar mengelilingi ember dalam waktu tertentu.

5. Tamagotchi

Tamagotchi adalah permainan paling hit’s di era 90’an. Permainan elektronik ini mengharuskan kamu untuk membesarkan hewan peliharaan. Mulai dari memberi makan, minum bahkan mengajak jalan-jalan dan memberikan obat kalau dia sakit. Saat ini permainan ini telah di adopsi ke smartphone dalam versi yang lebih menarik.

Baca :  Gawat, Permen Narkoba Beredar Di Sekolah

6. Gembot

Mainan Anak Tahun 90an ini tergolong mahal pada jamannya, namun banyak anak yang suka akan permainan ini. Saking nge-hit’snya di setiap sekolah pasti ada orang yang menyewakan mainan ini. Yang unik untuk mengamankan gembot si penjual mengaitkan barang dagangannya dengan seutas tali. Jadi kalau waktu sewanya sudah habis si penjual akan menarik tali tersebut. Gembot yang paling terkenal saat itu adalah kapal selam, koboi ,kung fu dan kereta api.

7. Nintendo

Alat Mainan Anak Tahun 90an ini lebih mahal lagi daripada gembot. Untuk memainkannya Nintendo harus di sambungkan dengan televisi. Saking mahalnya, dulu semua anak di kampung akan berkumpul di rumah anak yang mempunyai Nintendo ini dan setia menanti giliran untuk bermain.

8. Tamiya

Permainan ini terinspirasi dari film kartun Jepang Let’s and Go. Hampir semua anak laki-laki pernah punya mainan ini. Di setiap weekend biasanya pusat perbelanjaan selalu mengadakan lomba bagi mobil-mobil tamiya ini. Untu mempercepat lajunya , biasanya sang pemilik akan meng-upgrade dinamo yang ada di mobilnya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

museum-tugu-pahlawan-surabaya

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo Kabar Surabaya – Museum Tugu Pahlawan …