Home / Wisata / Serunya Menjelajahi Kampung Arab di Surabaya

Serunya Menjelajahi Kampung Arab di Surabaya

kampung-arab-surabayaSerunya Menjelajahi Kampung Arab di Surabaya

Kabar SurabayaSerunya Menjelajahi Kampung Arab di Surabaya – Sudah tahu kalau di Surabaya ada yang namanya Kampung Arab? Seperti halnya di kota-kota lain seperti Jakarta dan Bogor, Surabaya juga memiliki Kampung Arab yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Disana anda akan merasakan suasana ala Timur Tengah yang khas. Kampung Arab ini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, apalagi pada saat bulan Ramadhan. Buka 24 jam, membuat Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel di Surabaya sebagai sisi kota pahlawan yang tidak pernah tidur. Wisatawan baik dari dalam dan luar kota terus berdatangan ke tempat ini.

Kawasan wisata Ampel menawarkan banyak alternatif wisata. Diantaranya yaitu wisata religi, wisata belanja, wisata kuliner, dan juga wisata sejarah yang layak dikunjungi.

Wisata Religi

Setiap harinya Kampung Arab Ampel ini tidak pernah sepi pengunjung. Di kawasan wisata religi ini terdapat sebuah masjid yang merupakan salah satu masjib tertua di Indonesia, yaitu Masjid Sunan Ampel. Bahkan masjid ini ditetapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya sebagai cagar budaya.

Selain masjid, yang menjadikan Kampung Arab Ampel ini ramai didatangi pengunjung adalah makam Sunan Ampel yang terletak di Kompleks Pemakaman Sunan Ampel. Selain itu juga terdapat makam istri dan lima kerabat Sunan Ampel yaitu mbah Sonhaji alias (Mbah Bolong) serta Mbah Soleh, mereka berdua bisa di sebut sebagai pembantu dari Sunan Ampel. Di komplek ini juga terdapat makam dari Pahlawan Nasional yang ernama KH. Mas Mansyur serta makam dari 182 Syuhada haji.

Di kawasan ini ada lima gapura yang mengelilingi masjid Sunan Ampel. Yaitu Gapuro Munggah, Gapuro poso, Gapuro Ngamal, Gapuro Madhep, dan gapuro Paneksen. Lima gapura ini melambangkan 5 rukun islam.

Baca : 5 Tempat Wisata Alam Di Surabaya Timur

Wisata Belanja

Nah… jika anda berkunjung ke Kawasan Kampung Arab Ampel, tentunya akan terasa tidak lengkap jika tidak berwisata belanja. Disini anda bisa membeli berbagai macam produk dan aksesoris yang berbau khas Timur Tengah. Tempat ini menjual berbagai macam baju mulim, baju koko, sarung, perlengkapan ibadah, siwak, dan produk lainnya. Berbagai jenis minyak wangi dapat ditemukan di tempat ini. Kurma dengan berbagai pilihan juga tersedia. Kawasan Wisata Religi ini lebih ramai pada saat malam hari daripada di siang hari. Kawasan wisata belanja ini terdpat di gang-gang sekitar masjid Sunan Ampel. Pedagangnya pun mayoritas juga keturunan Arab yang tinggal di kawasan tersebut.

Wisata Kuliner

Sambil berwisata belanja, anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada di Kampung Arab Ampel ini. banyak sekali makanan khas Arab yang dijual disini oleh padagang di gang-gang sekitar masjid Sunan Ampel. Seperti roti Maryam, roti kebab, dan kuliner kue pukis Arab.

Jika anda ingin makanan khas Arab lainnya, anda bisa mengunjungi restoran maupun rumah makan yang ada di sekitar Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel. Menu makanan yang disediakan antara lain aneka olahan kambing dengan rempah khas Arab, nasi tomat, nasi biryani, nasi kebuli, dan gulai kacang hijau. Selain itu anda juga bisa mencicipi Shisa atau dikenal dengan rokok Arab.

Baca : Menikmati Ke-elokan Masjid Cheng Ho Surabaya

Wisata Sejarah

Tersebar di daerah Ampel, banyak dijumpai bangunan-bangunan lama yang menjadi tujuan wisata para wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Selain Masjid Sunan Ampel yang ditetapkan sebagai cagar budaya, ada 4 bangunan lain yang dijadikan cagar budaya. Yaitu Rumah Sakit Al-Irsyad, Hotel Kemadjoean, Rumah Tinggal Oesman Nabhan, dan Sekolah Al-Irsyad.

Hingga kini banyak bangunan warisan kampung Arab yang masih terjaga dengan baik. Misalnya di beberapa jalan sekitar kawasan Ampel seperti JL. KH. Mas Mansyur, JL. Nyamplungan, JL. Sasak, JL. Panggung, dan lainnya.

Bagaimna, menarik bukan? Tidak perlu jauh-jauh ke Timur Tengah untuk menikmati Suasana khas Kampung Arab. Karena di kota Surabaya juga ada. Berbagai wisata di Kawasan Kampung Arab ini menarik minat wisatawan untuk berkunjung. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

rumah-air-surabaya

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda Kabar Surabaya – Rumah Air …