Home / Kabar Surabaya / Sirkuit Baru Surabaya, Siap Gelar Drag Race

Sirkuit Baru Surabaya, Siap Gelar Drag Race

sirkuit-baru-surabayaSirkuit Baru Surabaya, Siap Gelar Drag Race

Kabar SurabayaSirkuit Baru Surabaya, Siap Gelar Drag Race – Akhirnya, penantian lama yang di tunggu – tunggu oleh para pembalap lokal Kota Surabaya sedikit terobati. Hal ini di karenakan, pembangunan Sirkuit Baru Surabaya yang terletak di kawasan Benomo telah merampungkan arena Drag Race. Arena Drag Race ini mempunyai panjang 430 meter dan lebar seluas 20 meter. Lintasan Drag Race ini merupakan sebagian kecil dari lintasan yang akan di selesaikan pembangunannya dalam waktu 4 tahun ke depan. Nantinya keseluruhan dari Sirkuit Baru Surabaya ini akan mempunyai panjang 1,6 Kilometer. Jadi yang telah di selesaikan ini hanyalah sekitar 25% dari luas seluruhnya.

Bila di lihat dari kondisi keseluruhan, Sirkuit Baru Surabaya ini sangat layak untuk di gunakan sebagai ajang kompetisi tingkat Internasional. Asal tingkat kesempurnaan lintasan dan infrastruktur penunjangnya juga di buat standart Internasional juga. Saat ini kondisi Sirkuit baru Surabaya sangat siap jika hanya di bunakanuntuk Drag Bike saja. Karena Lintasan Drag Bike hanya membutuhkan lintasan lurus yang tidak seberapa panjang. Jika di lihat pada malam hari, Lintasan ini terlihat cantik dengan lampu lintasan yang terlihat menyala terang.

Meskipun hanya sekitar 25% selesai, namun Sirkuit Baru Surabaya ini telah layak untuk di gunakan. Pada tanggal 26 dan 27 November 2016 kemarin, Pemerintah Kota Surabaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah sukses menggelar even nasional. Even tersebut berupa kejuaraan Drag Race dan Drag Bike tingkat nasional. Event yang berlangsung dari pagi hingga malam hari ini berhasil mengobati kekangenan para pembalap akan hadirnya sirkuit yang layak tanding.

Baca : Call Center 112 Surabaya , Siap Tangkal Bencana

Dengan telah selesainya arena Drag Race ini, Pemerintah Kota Surabaya sangat berharap kepada para pembalap liar yang sebelumnya selalu memanfaatkan jalan umum sebagai arena balap bisa beralih ke Sirkuit baru Surabaya ini. Hal ini tentunya bisa membuat pengguna jalan lain menjadi lebih tenang. Dan para pembalap liar ini dapat menyalurkan hoby-nya di tempat resmi.

Sebenarnya Kota Surabaya telah mempunyai sirkuit balap motor dan balap mobil yang sudah sering di gunakan untuk menggelar berbagai kelas kejuaraan. Sirkuit tersebut terletak di lokasi wisata Kenjeran Baru atau yang biasa di sebut Ken Park. Namun, Sirkuit tersebut di anggap kurang layak oleh pemerintah Kota Surabaya. Hal ini di karenakan jalurnya yang sempit dan lintasan yang kurang panajang. Kemudian oleh Pemkot Surabaya, sirkuit tersebut di pugar menjadi wahana baru keluarga yang bernama Atlantis Land. Lalu di pilihlah kawasan Benowo menjadi Sirkuit Baru Surabaya yang lebih memadai.

Sirtkuit Baru Surabaya ini di perkirakan selesai sepenuhnya pada tahun 2018. Menurut release yang di keluarkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya, bahwa total biaya pembangunan Sirkuit Baru kenjeran ini mencapai 160 Milyar. Sumber dana yang di gunakan berasal dari APBD. Konsep pembangunannya adalah pembangunan multi year. Pemerintah Kota Surabaya berharap bahwa nantinya Sirkuit Baru Surabaya ini bisa menjadi sirkuit yang bertaraf Internasional.

Baca : Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 Surabaya Segera Di Gelar

Dengan selesainya Sirkuit Baru Surabaya nanti, maka kawasan Benowo ini akan menjadi kompleks olahraga yang memadai. Karena di Benowo saat ini sudah terdapat Stadion Gelora Bung Tomo yang terletak tidak jauh dari lokasi Sirkuit Baru Surabaya.

Namun ada beberapa Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pemkot Surabaya jika ingin meramaikan lokasi ini. PR tersebut adalah membangun jalan akses menuju kompleks Stadion Gelora Bung Tomo dan Sirkuit Baru Surabaya yang lebih memadai. Hal ini di karenakan, saat ini akses jalan menuju tempat tersebut sangat sempit dan kondisi jalannya rusak dan penuh lubang.

Jika jalan akses menuju lokasi telah di perbaiki, maka hal ini akan memudahkan masyarakat untuk menyaksikan event balap motor dan mobil ataupun melihat pertandingan sepak bola dengan nyaman. Dengan di bangunnya kawasan Benowo menjadi komplek olahraga yang megah, di harapkan hal ini juga akan berimbas dengan peningkatan ekonomi warga sekitar. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

gambar-artikel

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya Kabar Surabaya – Kondisi Lalu lintas Kota Surabaya semakin …