Home / Kuliner / Siropen Telasih Surabaya, Minuman Legendaris Kota Surabaya

Siropen Telasih Surabaya, Minuman Legendaris Kota Surabaya

siropen-telasihSiropen Telasih Surabaya, Minuman Legendaris Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Siropen Telasih Surabaya, Minuman Legendaris Kota Surabaya – Kota Surabaya adalah kota yang sangat legendaris. Selain legendaris mengenai bangunan-bangunan cagar budayanya. Hingga ke urusan perut atau makanan dan minumannya. Di Kota Surabaya masih banyak kita jumpai jajanan-jajanan pasar tempo dulu. Sebut saja Rangin, kue putu dan lain sebagainya. Lantas bagaimana dengan minumannya…?. Ternyata Kota Pahlawan ini juga menyimpan sajian minuman yang cukup melegenda. Bahkan miniman ini sangat kental akan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia. Minuman ini di kenal dengan nama Siropen Telasih Surabaya.

Sejarah panjang Siropen Telasih Surabaya ini bermula pada tahun 1923. Pabrik ini di bangun oleh JC Van Drongele, yang merupakan orang Belanda asli. Kenapa di bangun oleh orang Belanda…?. Karena pada watu itu Indonesia masih ada dalam jajahan negara Belanda. Pabrik Siropen Telasih ini di pastikan merupakan pabrik minuman tertua yang ada di Indonesia. Namun jangan salah, meskipun merupakan pabrik tua, bangunan ini masih kokoh berdiri. Lokasi dari Siropen Telasih Surabaya ini berada di Jl.Mliwis No.5 Kota Surabaya.

Baca : Ice Poopy Surabaya, Sensasi Segarnya Es Coklat

Bangunan dari pabrik Siropen Telasih Surabaya ini kental dengan gaya arsitektur Eropa. Di depan pabrik minuman ini terdapat tiga pilar yang berdiri kokoh, ciri khas bangunan khas kolonial. Di bagian atas terdapat tulisan PABRIK SIROPEN TELASIH ( D/H J.C VAN DRONGELEN ).

Pada jaman Belanda, minuman Siropen Telasih ini tidak di perjual belikan secara umum. Hanya kaum Bangsawan atau Pembesar Belanda saja yang bisa menikmati segarnya sirup ini. Demikian juga ketika pada jaman penjajahan Jepang di tahun 1945. Warga Surabaya hanya bisa menelan ludah membayangkan segarnya Siropen Telasih ini. Namun tak lama setelah japang kalah pada Perang dunia Ke-2, Pabrik Siropen Telasih Surabaya ini kembali di kuasai oleh Belanda.

Pada tahun 1945 dikala Indonesia sudah menyatakan kemerdekaannya. Pemerintahan Presiden Soekarno mulai menjalankan Program Nasionalisasi. Tujuan dari program ini adalah mengambil alih semua aset-aset Pemerintah Belanda untuk kemudian di kuasai oleh Pemerintah Indonesia. Program ini di mulai pada tahun 1958. Parik Siropen Telasih Surabaya ini menjadi salah satu aset yang di nasionalisasikan. Dari sini saja sudah terlihat bagaimana strategis dan berharganya pabrik minuman ini. Bahkan  menjadi rebutan tiga negara, yaitu Belanda, Jepang dan Indonesia.

Baca : Makmu Kiper Foodcourt, Tempat Asik Buat Selfie

Di tahun 1962 Pabrik Siropen Telasih Surabaya ini mulai di handle oleh Pemerintah Provinsi Jatim. Pemerintah mengelolanya melalui Perusahaan Industri Daerah Makanan dan Minuman (Pinda Mamin). Kemudian pada tahun 2002 pabrik sirup ini di kelola oleh PT.Pabrik Es Wira Jatim. Pabrik ini di bawah pengelolaan dari PT Panca Wira Usaha Jawa Timur (Wira Jatim) yang di komandoi langsung oleh Dahlan Iskan.

Meskipun sudah lama berdiri, namun Pabrik Siropen Telasih Surabaya ini masih menggunakan cara-cara tradisional dalam produksinya. Hal ini dilakukan demi mempertahankan rasa dan aroma yang sangat di kenal sejak lama. Alat produksi yang di gunakan oleh Pabrik Siropen Telasih Surabaya ini masih menggunakan alat produksi jaman Belanda. Seperti kuali raksasa tempat mengaduk campuran gula. Satu-satunya yang di rubah adalah bahan bakarnya, yaitu dari kayu bakar ke gas LPG.

Baca : Surabaya Snow Cake, Oleh-Oleh Baru Khas Kota Surabaya

Demi menjaga kwalitas yang sudah terkenal, Pabrik Siropen Telasih Surabaya sangat anti dalam penggunaan gula buatan dan bahan pengawet. Untuk mempertahankan rasa dan aromanya pabrik sirup ini masih mengandalkan gula alami. Dengan kualitas yang prima ini Siropen Telasih Surabaya ini banyak di jadikan bahan dasar untuk pembuatan minuman. Siropen Telasih ini menjadi jujugan cafe  restoran besar maupun hotel berbintang di Kota-Kota besar di tanah air.

Sampai saat ini Pabrik Siropen Telasih Surabaya telah mengeluarkan dua varian produk. Produk tersebut adalah Siropen Telasih dan Siropen Premium. Kedua produk ini berbeda dalam segi bentuk pengemasannya. Untuk Siropen Telasih di kemas dalam botol seperti botol sirup pada umumnya. Untuk Siropen Premium di kemas dalam botol yang mirip dengan botol anggur (Wine). Lalu di lengkapi dengan kemasan yang sangat mudah untuk di tenteng. Hal ini sangat memudahkan bagi wisatawan untuk membawanya. Ada delapan rasa yang di tawarkan oleh Pabrik Siropen Telasih Surabaya. Rasa tersebut adalah : Jeruk Keprok,Mawar, Lychee, Frambosen, Melon, Vanili, Cocopandan dan Arbei  . (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Heerlijk-Library-Cafe-Menur-Surabaya

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget Kabar Surabaya – Heerlijk Library Cafe Menur …