Home / Event / Surabaya Cross Culture International 2017 Hadir Kembali Dengan Lebih Heboh

Surabaya Cross Culture International 2017 Hadir Kembali Dengan Lebih Heboh

cross-culture-internationalSurabaya Cross Culture International 2017 Hadir Kembali Dengan Lebih Heboh

Kabar SurabayaSurabaya Cross Culture International  Hadir Kembali Dengan Lebih Heboh – Pada bulan Juli ini Pemerintah Kota Surabaya kembali menggelar acara yang cukup heboh. Acara yang berlatar belakang budaya, khususnya seni tari ini selalu menarik antusias warga Kota Surabaya. Hal ini karena Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisatanya akan kembali menghadirkan Surabaya Cross Culture International  2017. 

Tema yang di pilih untuk gelaran Surabaya Cross Culture International  kali ini adalah Folk Art Festival. Seperti biasanya, acara yang penuh dengan pertunjukan seni tari ini akan menghadirkan delegasi dari berbagai negara. Delegasi negara yang hadir pada tahun ini di pastikan akan bertambah banyak di bandingkan tahun lalu. Negara yang hadir adalah negara sahabat serta negara yang mempunyai hubungan sister city dengan Kota Surabaya.

Para delegasi yang hadir ini nantinya akan mempertotonkan jenis tarian tradisional yang mereka punyai. Tentu saja dengan jenis kostum yang unik, khas dari negara masing-masing. Beberapa delegasi yang sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam acara Surabaya Cross Culture International  ini adalah Thailand, Lithuania, Slovakia, China, Rusia, Kanada dan Polandia. Sedangkan dari Indonesia sendiri akan menghadirkan penari dari Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Aceh dan dari pulau Bali.

Baca : Mengurus Perpanjangan SIM Surabaya Di Taman Bungkul

Untuk pembukaan dari acara  Surabaya Cross Culture International  ini sudah di lakukan pada hari Minggu (10 Juli 2017). Sebanyak 1.260 orang penari Remo yang mewakili Kota Surabaya mengawali pembukaan dari Surabaya Cross Culture International  ini. Para penari Remo ini berusia dari usia 5 tahun hingga 16 tahun. Penampilan tari Remo ini kemudia di susul oleh tarian Yosakoi yang merupakan tarian tradisional dari negara Jepang. Kedua tarian ini melambangkan hubungan kerjasama yang telah di jalin Kota Surabaya dan negara jepang selama 20 tahun yang terbungkus dalam agenda kerjasama Sister City.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Widodo Suryantoro selaku dinas yang di pasrahi oleh Walikota Surabaya untuk menyelenggarakan event ini mengungkapkan , bahwa Surabaya Cross Culture International  ini adalah event yang ke 13 kalinya. ” Dalam acara ini nantinya akan banyak di isi oleh kegiatan kesenian yang akan menghibur masyarakat Kota Surabaya”. Selain tarian dari seluruh perwakilan negara sahabat yang hadir, Surabaya Cross Culture International  juga akan di isi dengan penampilan musik, workshop seni, seminar seni serta berbagai macam pelatihan seni sehingga akan terwujud transfer ilmu kesenian antara delegasi negara yang ada.

Ada banyak lokasi yang akan menggelar Surabaya Cross Culture International  ini. Mulai dari Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Royal Plaza, Gedung Siola, Taman Bungkul, Balai Budaya dan G-Walk Citra Raya. Berikut jadwal dari acara Surabaya Cross Culture International  ini.

Baca : Rawon Kalkulator, Kuliner Unik Di Taman Bungkul Surabaya

  1. Hari Minggu, Tanggal 09 Juli 2017 : Festival Remo dan Yosakoi bertempat di Taman Surya pada pukul 09.00wib hingga 15.00wib.
  2. Hari Minggu. Tanggal 16 Juli 2017 : Parade peserta Cross Culture International : Folk art Festival.  Bertempat di Taman Bungkul pada pukul 06.00wib hingga 10.00wib.
  3. Hari Senin, Tanggal 17 Juli 2017 : Opening Ceremony  bertempat di Gedung Balai Kota pada pukul 18.00wib hingga 22.00wib.
  4. Hari Selasa, Tanggal 18 Juli 2017 : Tampilan Seni  bertempat di G-Walk Citra Raya pada pukul 19.00wib hingga 22.00wib.
  5. Hari Selasa, Tanggal 18 Juli 2017 : Tampilan Seni  bertempat di G-Walk Citra Raya pada pukul 19.00wib hingga 22.00wib.
  6. Hari Minggu, Tanggal 16 Juli 2017 : Tampilan Seni  bertempat di Taman Bungkul pada pukul 19.00wib hingga 22.00wib.
  7. Hari Rabu, Tanggal 19 Juli 2017 : Tampilan Seni  bertempat di Ciputra World pada pukul 19.00wib hingga 22.00wib.
  8. Hari Rabu, Tanggal 19 Juli 2017 : Tampilan Seni  bertempat di Royal Plaza pada pukul 19.00wib hingga 22.00wib.
  9. Hari Kamis, Tanggal 20 Juli 2017 : Closing Ceremony di Balai Budaya pada pukul 19.00wib hingga 22.00wib.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan, bahwa agenda Surabaya Cross Culture International  ini menunjukkan bahwa Kota Surabaya adalah kota yang menjunjung tinggi akan kesenian. Selain itu event ini akan membuat kesenian asli Surabaya semakin mendunia. Hal ini di karenakan banyak sekali pengunjung baik warga lokal Kota Surabaya maupun warga asing yang akan menyaksikan acara ini secara langsung. (Yanuar Yudhatama) (Foto by Dinkominfo Kota Surabaya)

About Kabar Surabaya

Check Also

Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017

Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 Oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia

Operasi Katarak Gratis Surabaya 2017 Oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia Kabar Surabaya – Operasi Katarak …