Home / Kabar Surabaya / Surabaya Datangkan Mobil PMK Paling Canggih Pertama Di-Indonesia

Surabaya Datangkan Mobil PMK Paling Canggih Pertama Di-Indonesia

Surabaya Datangkan Mobil PMK Paling Canggih Pertama Di-Indonesia

Kabar Surabaya – Pembangunan infrastruktur di Kota Surabaya saat ini sudah semakin pesat. Hal ini di tandai dengan banyaknya gedung-gedung yang menjulang tinggi. Gedung tersebut berupa hunian seperti hotel maupun apartemen, ada juga yang berupa gedung perkantoran. Kedepan, akan banyak lagi gedung-gedung pencakar langit di kota Surabaya ini. Hal ini di karenakan pembangunan pemukiman yang sudah mengarah ke kawasan pinggiran kota serta harga tanah yang saat ini sudah melambung tinggi. Dengan banyaknya gedung bertingkat tinggi ini, tentu saja juga membutuhkan tingkat keamanan dan safety yang tinggi pula bagi penghuninya.

mobil-pemadam-kebakaran-canggih-surabaya

Salah satu kondisi berbahaya yang biasanya di alami oleh gedung bertingkat tinggi adalah musibah kebakaran. Jika gedungnya sudah termasuh gedung pencakar langit, maka mau tidak mau, jangkauan dari alat keselamatannya juga harus tinggi. Hal inilah yang kemudian mendasari Pemerintah Kota Surabaya untuk mendatangkan mobil Pemadam Kebakaran jenis baru.

Baca :  Surabaya Akan Tanggung Biaya BPJS Dan Pensiun Para Pekerja Surabaya

Mobil Pemadam Kebakaran jenis baru yang di datangkan oleh Pemkot Surabaya ini bukanlah mobil pemadam biasa. Kendaraan ini di datangkan khusus dari negara Finlandia. Mobil berwarna merah ini mempunyai kelengkapan yang termasuk canggih. bahkan bisa di bilang mobil Pemadam Kebakaran ini adalah Mobil pertama tercanggih yang pernah ada di Indonesia.

Mobil Pemadam Kebakaran canggih ini berjenis Bronto Skylift F104 HLA. Inilah beberapa kelangkapan yang di milikinya :

  1. Mobil ini berdimensi : panjang 17.5 meter, Tinggi 4.05meter dan lebar 2.6meter
  2. Berat bobot 500kg dengan kapasitas penumpang 5 orang
  3. Daya jangkau tangga 104meter dan dapat mencapai gedung bertingkat 25 lantai
  4. Mempunyai selubung anti api sepanjang 50 meter
  5. Ruas roda depan sangat fleksible sehingga bisa menekuk untuk melewati gang sempit

Mobil Pemadam Kebakaran Canggih ini kemarin di tampilkan di depan Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Beliau mengatakan, bahwa pengadaan kendaraan ini tidak sembarangan. “Saya sudah berkonsultasi dengan Kepala Pemadam Kebakaran dari berbagai negara lain” jelasnya. “Saya lalu di tanya, berapa lebar jalan di kotamu…?, dan ternyata jalan di Kota Surabaya ini bisa di lalui oleh kendaraan ini” sambungnya. Risma mengaku sudah mempelajari betul Kendaraan baru ini, baik fungsi maupun semua kegunaan alat kelengkapannya. “Tibakno buku panduane ternyata tebel banget,”katanya.

Mobil Pemadam Kebakaran Tercanggih ini bakal melengkapi kendaraan pemadam di Kota Surabaya ini. Total sekarang Kota Surabaya memiliki 67 mobil pemadam kebakaran yang tersebar di berbagai penjuru kota. Saat ini terdapat 15 pos pemadam kebarakan di Kota Pahlawan ini.

Baca : Surabaya Terapkan E-Money Untuk Bayar Parkir

Ketika mobil ini di pamerkan, Walikota Risma juga mencoba menaikinya untuk melewati jalanan sempit di sekitaran Balai Kota Surabaya. Ternyata meskipun bodinya besar, mobil ini mempunyai daya manufer yang cukup canggih. Mobil ini bisa berbelok di jalan yang relatif sempit. Namun memang untuk kaki tambahan pengamannya, di butuhkan bidang yang cukup luas.

Risma menegaskan saat ini masih mendatangkan cukup 1 unit saja. Kendaraan ini juga akan di keluarkan pada situasi tertentu atau yang sifatnya kondisional saja. “yang penting Kota Surabaya sudah siap jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran pada gedung yang bertingkat tinggi” terangnya, “Tapi yo ojok di dungakno loh rek”imbuhnya kepada semua yang hadir di Taman Surya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …