Home / Wisata / Surabaya Makin Lengkap Dengan Kebun Raya Mangrove Terbesar Di Dunia

Surabaya Makin Lengkap Dengan Kebun Raya Mangrove Terbesar Di Dunia

Surabaya Makin Lengkap Dengan Kebun Raya Mangrove Terbesar Di Dunia

Kabar Surabaya – Kota Surabaya secara geografis adalah kota yang terletak di pesisir pantai. Pantai Kota Surabaya ini tersebar mulai dari kawasan Surabaya timur hingga ke kawasan Surabaya Utara. Pada sisi Surabaya Utara kita sudah bisa menyaksikan pesona dari pantai kenjeran. Sedangkan Pada sisi sebelah timur, kita akan melihat rimbunnya pohon bakau yang tumbuh di tepi pantai. Kawasan Surabaya timur inilah yang merupakan kawasan kaya akan tanaman bakau/mangrove.

kebun-raya-mangrove-surabaya

Saat ini Kota Surabaya telah memiliki dua lokasi wisata mangrove yang cukup cantik. Pertama adalah lokasi Wisata Mangrove Wonorejo yang saat ini penataannya sudah cukup modern dan sudah menjadi jujukan utama warga Kota Surabaya dan warga luar kota bila ingin berwisata alam. Kawasan ini berada di Kecamatan Rungkut Surabaya.

Baca : Festival Jalan Tunjungan Kembali Di Gelar

Kawasan Mangrove kedua adalah Wonowisata Bintang Mangrove Gunung Anyar Tambak Surabaya. Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Gunung Anyar dan masih sangat alami nuansa alamnya.

Untuk mengembangkan kawasan mangrove ini saat ini Walikota Surabaya, Tri Rismaharini akan berencana membuat kawasan mangrove yang terintegerasi. Nantinya kawasan ini akan berkonsep menjadi kawasan Kebun Raya. Pemkota Surabaya telah mempersiapkan lahan sebesar 250 hektar untuk pembuatan Kebun Raya Mangrove ini.

kebun-raya-mangrove-surabaya

Pembangunan pertama dari Kebun Raya Mangrove ini akan di pusatkan di kawasan Gunung Anyar Surabaya. hal ini di karenakan kawasan ini masih banyak di huni oleh satwa liar, seperti beragam unggas dan kera. Jenis unggas yang ada di sini mulai Bubut Jawa, Raja Udang, Kuntul, Pecul Ular hingga Trinil dan banyak lagi. Sedangkan untuk jenis tanaman bakau ada Sonneratia Alba, Avicennia Alba, Rhizophora Apiculata dan banyak lagi.

Keseriusan Pemkot Surabaya ini di buktikan Risma dengan ketersediaan anggaran sebanyak 17 Milyar. bahkan pihaknya telah menggangdeng beberapa pihak untuk pembuatan Kebun Raya Mangrove ini, yaitu Kementrian Pekerjaan Umum, Yayasan Kebun Raya, Lipi (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Baca :  Wahana Kereta Gantung Surabaya Akan Lintasi Jembatan Surabaya

kebun-raya-mangrove-surabaya

Selain sebagai tempat wisata, Risma berharap Kebun Raya Mangrove Surabaya ini akan menjadi pusat konservasi dan penelitian mangrove. “Untuk itulah peran Lipi sangat vital di kawasan ini”terang Risma. Gambaran kasar tempat wisatanya sudah ada di tangan Walikota Perempuan pertama di Kota Surabaya ini. “Jogging Track panjang, kanal-kanal untuk sampan serta wahana bermain untuk anak-anak akan kita bangun, guna melengkapi Kebun Raya mangrove Surabaya ini” papar Risma. Intinya kawasan ini nantinya akan menjadi kawasan terintegrasi, baik untuk pendidikan maupun rekreasi keluarga.

Di harapkan dengan adanya Kebun Raya mangrove ini, ada peningkatan dari segi penataan lingkungan, Kenservasi alam, peningkatan dari segi ekonomi dan perlindungan dari bahaya abarasi air laut bagi warga Kota Surabaya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

rumah-air-surabaya

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda Kabar Surabaya – Rumah Air …