Home / Kabar Surabaya / Surabaya Single Window Sarana Perizinan Online Dan Simple

Surabaya Single Window Sarana Perizinan Online Dan Simple

surabaya-single-windowSurabaya Single Window Sarana Perizinan Online Dan Simple

Kabar SurabayaSurabaya Single Window Sarana Perizinan Online Dan Simple – Apakah Surabaya Single Window (SSW) itu? Sebelum menjawabnya kita telusuri dahulu apakah yang menjadi latar belakang, di ciptakannya program yang akhirnya di adopsi secara nasional ini.

Ada beragam bayangan negatif kepada sebagian besar masyarakat ketika mereka akan mengurus perizinan ke Pemerintah Kota / Kabupaten. Bayangan tentang lamanya waktu pengurusan bahkan kadang harus menyiapkan “uang gak jelas” (sogokan) yang mungkin jumlahnya tidak sedikit itu selalu muncul ketika akan berhadapan dengan rumitnya birokrasi. Hal inilah yang secara perlahan namun pasti selalu muncul dan akhirnya menjadi kebiasaan – kebiasaan bahkan menjadi suatu budaya bagi negara kita. Tentunya ini merupakan kebiasaan dan budaya yang buruk.

Di bawah kepemimpinan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Pemerintah Kota Kota Surabaya berusaha mengubah bayangan negatif yang melekat di masyarakat tersebut. Risma beranggapan bahwa kebiasaan negatif ini tejadi karena masyarakat selalu bertatap muka secara langsung dengan wakil birokrasi, dimana kalau ingin dokumennya cepet selesai , harus ada uang pelicin yang harus di bayarkan. Untuk mencegah hal tersebut Pemerintah Kota Surabaya membuat suatu sistim, agar warga tidak harus melakukan tatap muka dengan petugas, sehingga dapat menghilangkan sistim KKN.

Baca : Wisata Gratis di Surabaya Dengan Bis Pariwisata

Untuk itulah kemudian Pemkot Surabaya menciptakan suatu sistem yang bernama Surabaya Single Window (SSW). Dengan adanya sistim Surabaya Single Window (SSW) ini masyarakat yang sedang mengurus perizinan nantinya hanya akan melakukan tatap muka dengan sistem yang terintegrasi dengan internet atau online. Lewat sistem ini diharapkan citra negatif tentang adanya uang pungli, waktu yang lama dan prosedur yang ribet akan hilang dengan sendirinya. Karena sudah online, maka masyarakat yang akan mengurus perijinan tidak perlu datang ke kantor. Bahkan dari rumah saja sudah bisa di lakukan. Seluruh prosesnya menggunakan data elektronik. Jadi semua dokumen yang di perlukan tinggal di scan dan di upload ke sistem Surabaya Single Window (SSW).

Dengan melakukan upload data ke sistem, maka nmasyarakat akan mendapat waku kepastian tentang proses dan tentang kapan perijinan yang di ajukan tersebut selesai. Apabila di tengah jalan nanti ada dokumen yang kurang, maka masyarakat akan mendapatkan pemberitahuan melalui email agar melengkapi data yang di butuhkan. Ada beragam perizinan yang bisa di proses melalui Surabaya Single Window (SSW), yaitu :

  1. KTP / Kartu Tanda Pencari Kerja
  2. Izin Baru Jasa Titipan, Perpanjangan
  3. Pengajuan Izin Jasa Titipan
  4. Izin Baru Jasa Telekomunikasi
  5. Perpanjangan Izin Jasa Telekomunikasi
  6. Izin SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  7. Izin Praktek Tenaga Medis
  8. Pemutihan Izin Pemakaian Tanah
  9. Peresmian Izin Pemakaian Tanah
  10. Perpanjangan Izin Pemakaian Tanah
  11. Balik Nama Izin Pemakaian Tanah
  12. Izin Usaha Jasa Konstruksi, Ijin HO (izin gangguan)
  13. Pengajuan Izin Mendirikan Bangunan, SKRK (Surat Keterangan Rencana Kota)
  14. Izin Rekomendasi Menara dan masih banyak lagi lainnya.
Baca : Serangan Tomcat Di Surabaya Mulai Mengkhawatirkan

Apabila masyarakat ingin mengurus lebih dari satu perizinan yang ada, maka bisa di lakukan dalam waktu yang bersamaan dan akan selesai dalam waktu yang bersamaan. Sejak di luncurkan pada tahun 2013, jumlah masyarakat yang meng-akses Surabaya Single Window (SSW) ini juga semakin meningkat. Bahkan hampir semua dari sistim perijinan online ini di tiru oleh negara dan di berlakukan secara menyeluruh ke semua pelosok Indonesia. Namun yang Pemkot Surabaya menyayangkan, setelah di tiru secara nasional, ternyata levelnya sedikit menurun. Pada saat di lakukan di Surabaya kondisinya sudah Full Online “Paper Less” namun saat pelaksanaan secara Nasional, masih menggunakan kertas.

Untuk bisa meng – akses Surabaya Single Window ini, masyarakat bisa masuk melalui situs ssw.surabaya.go.id. Selanjutnya warga Kota Surabaya akan di tawarkan pada menu sebagai berikut :

  1. Perizinan Investasi Paket
  2. Pendaftaran Izin Parsial Mandiri
  3. Monitoring Berkas SSW
  4. Verifikasi Berkas SSW
  5. Bimbingan Teknis SSW
  6. Contoh Penyusunan Dokumen

Menu depan dari Surabaya Single Window ini di buat se-simple mungkin agar semua lapisan masyarakat dapat menggunakan. Apabila masyarakat belum terlalu paham, telah di sediakan menu Pelatihan dan Bimbingan Teknis SSW dan Contoh Penyusunan Dokumen, namun terlebih dahulu masyarakat harus registrasi terlebih dahulu. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

gambar-artikel

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya Kabar Surabaya – Kondisi Lalu lintas Kota Surabaya semakin …