Home / Kabar Surabaya / Suroboyo Bus, Transportasi Modern Kota Surabaya

Suroboyo Bus, Transportasi Modern Kota Surabaya

gambar-artikelSuroboyo Bus, Transportasi Modern Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Kondisi Lalu lintas Kota Surabaya semakin tahun semakin menunjukkan perbaikan yang berarti. Meskipun ada beberapa titik jalan yang masih menunjukkan kemacetan, namun hal ini sangat berkurang apabila di bandingkan tahun lalu. Pelebaran jalan yang di lakukan sejak beberapa tahun lalu cukup memberikan dampak yang sangat signifikan. Selain pembangunan infrastruktur jalan, Pemerintah Kota Surabaya juga berencana akan menggarap Angkutan Massal Cepat (AMC). Proyek AMC ini di harapkan mampu merubah kebiasaan masyarakat Koat Surabaya, dari penggunaan kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Program Angkutan Massal Cepat (AMC) untuk Kota Surabaya sudah menunjukkan tanda-tanda untuk di mulai. Hal ini nampak dengan di datangkannya Bis penumpang yang akan melayani trayek umum. Bis ini dinamakan Suroboyo Bus. Penampakan fisik dari Suroboyo Bus ini sangatlah futuristik dan terkesan mewah.

Baca : Park And Ride Surabaya Sediakan Lahan Parkir Bagi Masyarakat

Pada bagian luar, warna merah di gunakan untuk membungkus body Suroboyo Bus ini. Pada sisi kiri dan kanan, terdapat Suroboyo Bus berwarna putih dan lambang Kota Surabaya (Buaya dan Ikan Hiu) dengan warna kuning. Perpaduan warnanya sangat menarik dan enak untuk di pandang mata. Kampanye “Bangga Surabaya” juga di sematkan pada sisi body bis ini. Panjang keseluruhan bis ini adalah 12 meter dengan lebar 2.4 meter.

Jarak ketinggian Suroboyo Bus dari atas tanah (Ground Level) sangatlah rendah. Keadaan ini telah di sesuaikan dengan tinggi trotoar yang ada di Kota Surabaya. Hal ini di maksudkan agar kaki penumpang yang akan menaiki bis tidak perlu naik terlalu tinggi, jadi tinggal melangkah masuk saja. Konsep bis ini di desain untuk low entry.

Untuk bagian dalamnya sendiri, Suroboyo Bus benar-benar menerapkan suasana yang 100% berbeda daripada bis kota yang ada pada saat ini. Bis ini berkapasitas total 67 penumpang dengan rincian 41 tempat duduk dan 26 area untuk berdiri. Area berdiri ini di lengkapi dengan pegangan tangan di atasnya. Yang unik dari kursi penumpang ini adalah, Suroboyo Bus menerapkan pembagian zona penumpang menurut gender. Kursi penumpang yang berwarna pink, khusus untuk penumpang wanita, sedangkan warna orange khusus untuk penumpang laki-laki. Pembagian ini merupakan salah satu upaya untuk menghindari tindakan pelecehan seksual yang biasanya timbul pada angkutan umum.

Baca : Mall Pelayanan Publik Surabaya, Satu Atap Layani Semua Kebutuhan Warga

Beragam teknologi terbaru telah di sematkan pada bis berwarna merah ini. Salah satu yang cukup keren adalah bahwa Suroboyo Bus telah terkoneksi dengan lampu lalu lintas yang ada di jalurnya. Jadi, apabila bis ini akan melintas, lalu lalu lintas yang tadinya berwarna merah, akan langsung berubah menjadi warna hijau. Artinya bis ini akan bebas hambatan atau bebas dari lampu merah..keren kan….

Selain itu, Suroboyo Bus juga akan di lengkapi dengan kamera CCTV berjumlah 9 titik di bagian dalam bis dan 3 kamera CCTV pada bagian luarnya. Di masing-masing halte nanti akan terkoneksi dengan GPS sehingga penumpang bisa mengetahui posisi bis yang akan di naikinya. Pada bagian pintunya juga telah di lengkapi dengan sensor untuk menghindari penumpang terjepit pada pintunya. Jadi benar-benar di buat save untuk keamanan penumpang.

Dengan desain yang low entry, Suroboyo Bus di format sangat ramah kepada penyandang disabilitas. Selain itu, pada bagian bawah bis, terdapat tuas yang bisa di tarik sebagai jalur bagi kursi roda untuk naik.

Nantinya Suroboyo Bus ini akan di sinergikan dengan Angkutan Massal Cepat (AMC) bersama dengan Trem dan LRT. Rencananya Suroboyo Bus ini akan di di operasikan pada awal tahun 2018 ini. Saat ini masih akan di godok peraturannya serta tarif yang akan di kenakan. Rute pertama yang akan di lalui oleh Suroboyo Bis ini adalah Purabaya – kawasan Siola – Terminal Joyoboyo – Tunjungan Plaza.

Untuk alat pembayaran, Suroboyo Bus akan menerapkan sistim non tunai. Jadi para calon penumpang harus menyiapkan uang kartu elektronik jika ingin menjajal bis modern ini. Sama seperti Bis Kota, para pelajar nantinya akan di berikan tarif khusus yang lebih murah daripada para penumpang umum. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

aplikasi-go-parkir-surabaya

Aplikasi Go Parkir, Solusi Mencari Slot Parkir Dari Rumah

Aplikasi Go Parkir, Solusi Mencari Slot Parkir Dari Rumah Kabar Surabaya – Seiring dengan bertambahnya …