Home / Wisata / Taman Flora Bratang Surabaya, Surga Oksigen Murah Meriah

Taman Flora Bratang Surabaya, Surga Oksigen Murah Meriah

taman-flora-bratang-surabayaTaman Flora Bratang Surabaya, Surga Oksigen Murah Meriah

Kabar SurabayaTaman Flora Bratang Surabaya, Surga Oksigen Murah Meriah – Semua orang pasti sudah paham kalau Kota Surabaya mempunyai hawa yang cukup panas. Hal ini cukup wajar, karena letak Kota Surabaya yang berada di tepi laut dan termasuk dataran rendah. Maka tidak heran jika pada saat weekend, warga Surabaya selalu pergi keluar kota. Biasanya kota yang menjadi tujuan pada saat weekend adalah Kota Malang dan Kota Batu. Coba saja tengok pada hari Sabtu dan Minggu, kedua kota tersebut penuh dengan kendaraan berkode L (Surabaya).

Dengan kondisi yang seperti itu, tentunya Kota Surabaya sangat membutuhkan lokasi yang rindang dan sejuk. Hal inilah yang membuat Tri Rismaharini (Risma) selaku Walikota Surabaya berpikir keras untuk menurunkan suhu udara di kota yang dia pimpin ini. Salah satu yang di terpikir oleh Risma saat itu adalah membuat taman kota. Taman Kota yang pertama kali di bangun oleh Risma adalah Taman Bungkul. Taman ini sukses menarik perhatian waega Kota Surabaya. Dari pagi hingga tengah malam, Taman Bungkul Surabaya tetap di kunjungi oleh warga. Setelah di rasa Taman Bungkul Surabaya sukses, Risma terus bergerak. Berbagai macam Taman Kota berhasil dia bangun dengan cantik. Salah satunya adalah Taman Flora Bratang Surabaya.

Baca : Taman Prestasi Surabaya Hidupkan Wisata Sungai

Taman Flora Bratang Surabaya ini terletak di Jalan Manyar 80A Surabaya. Tepatnya 200 meter dari Terminal Bratang Surabaya. Awalnya Taman Flora Surabaya ini adalah tempat pembibitan semua tanaman yang akan di tanam di penjuru Kota Surabaya. Oleh karena itulah di beri nama Kebun Bibit Bratang. Namun sejak Kebun Bibit Wonorejo yang ada di kawasan Rungkut di buka. Semua bibit tanaman di pindahkan kesana. Akhirnya Kebun Bibit Bratang ini berubah nama menjadi Taman Flora Surabaya.

Taman Flora Bratang Surabaya ini mempunyai lahan seluas 2,4 hektar. Di dalamnya terdapat ratusan bunga dan puluhan pohon-pohon besar yang siap memberikan oksigen murni bagi para pengunjungnya. Taman Flora Bratang Surabaya ini sangat mudah untuk di tuju. Kalau anda dari luar kota, setelah turun dari Terminal Purabaya, langsung saja naik Bis Kota jurusan Terminal Bratang. Dari Terminal Bratang jalan kaki ga sampai 5 menit, sudah sampai.

Untuk masuk ke Taman Flora Bratang Surabaya, anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun, alias Gratis. Meskipun Gratis, namun fasilitas di dalamnya sangat luar biasa. Di lokasi ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati bersama keluarga. Beragam fasilitas tersebut adalah :

1. Kolam Ikan

Di Taman Flora Bratang Surabaya ini terdapat kolam ikan yang cukup besar. Di dalamnya terdapat beragam ikan warna-warni yang bisa menarik perhatian pengunjung di taman ini. Agar tidak ada yang terpeleset, maka Pengelola membuat pagar di sekelilingnya. Lokasi kolam ikan ini berada di dekat dengan kandang burung raksasa.

Baca : Kebun Bibit Wonorejo, Lokasi Wisata Murah dan Komplit

2. OutBond dan Playground Area

Guna memfasilitasi anak-anak, pengelola juga membangun arena OutBond dan beragam permainan anak. Permainan anak ini berupa ayunan, jungkat-jungkit dan lain sebagainya. Sebaiknya orang-tua selalu mendampingi buah hatinya bila mereka bermain outbond. Hal ini di karenakan tidak ada staff khusus yang di tugaskan untuk menjaga anak – anak.

3. Kandang Rusa

Di Pojok kanan Taman Flora Bratang Surabaya ini, pengelola juga menempatkan binatang rusa. Rusa-rusa ini biasanya menarik pengunjung untuk memberi makan. Jika ingin memberi makan rusa dan ikan di kolam, anda bisa membeli paket pakan hewan di tempat ini juga. Memberikan makanan kepada rusa, tentunya sangat menyenangkan bagi buah hati anda.

4. Sangkar Burung Raksasa

Bangunan Sangkar Burung Raksasa ini terlihat paling mencolok bila di bandingkan fasilitas yang lain. Sangkar Burung ini mempunyai tinggi kurang lebih 10 meter. Di dalamnya terdapat beragam jenis unggas, mulai dari burung dan ayam.

5. Taman Bacaan Masyarakat / Perpustakaan

Selain fasilitas hiburan keluarga, rupanya pengelola Taman Flora Bratang ini juga ingin menanamkan semangat literasi kepada masyarakat. Untuk itu di bangunlah perpustakaan yang berisi ratusan jenis buku. kebanyakan buku di sini adalah buku anak-anak. Membaca di perpustakaan ini sangat nyaman, karena sudah di lengkapi dengan penyejuk ruangan / AC.

6. Broadband Learning Center (BLC)

Yang satu ini jangan sampai di lewatkan kawan. Di sini anda bisa mengambil kursus mengenai ilmu komputer dan internet. Kalau masih belum mudeng, pengelola menyediakan instruktur yang akan mendampingi anda selama belajar. Tarif kursusnya : GRATIS.

Baca : Bulak Festival 2016, Peresmian Destinasi Wisata Baru Kota Surabaya

7. Pendopo Serbaguna

Di Taman Flora Bratang surabaya juga di lengkapi dengan 2 Pendopo serba guna. Di sini kita bisa menggelar acara dengan melakukan reservasi terlebih dahulu. Reservasi ini Gratis dan tidak di pungut biaya. Biasanya banyak dari sekolah – sekolah PAUD yang menggelar acara di Pendopo ini.

8. Musholla

Tempat yang satu ini juga melengkapi fasilitas yang ada di Taman Flora Bratang surabaya. Jadi apabila awaktu Sholat tiba, kita ga perlu khawatir untuk ketinggalan.

9. Kamar Mandi

Kamar mandi di lokasi ini ada beberapa. jadi ga perlu untuk antri panjang.

10. Lokasi Kuliner

Setelah jalan – jalan, tentunya perut akan terasa lapar. Nah di Taman Flora Bratang ini terdapat Sentra Kuliner RMI yang akan mencegah perut anda dari bahaya keroncongan. Untuk harga, tidak perlu khawatir, masih ramah di kantong.

Dengan beragam fasilitas tersebut, Maka Taman Flora Bratang Surabaya bisa di katangan sebagai lokasi tempat refreshing yang nyaman buat keluarga. Suasana yang sejuk, pepohonan yang teduh dan lokasi yang bersih di jamin akan membuat keluarga anda betah untuk berlama-lama di tempat ini. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

harga-karcis-masuk-kebun-binatang-surabaya

Ajak Si Buah Hati Liburan Ke Kebun Binatang Surabaya

Ajak Si Buah Hati Liburan Ke Kebun Binatang Surabaya Kabar Surabaya – Ajak Si Buah Hati …