Home / Wisata / Taman Pelangi “Oase” di Perbatasan Surabaya

Taman Pelangi “Oase” di Perbatasan Surabaya

taman-pelangi-surabayaTaman Pelangi “Oase” di Perbatasan Surabaya

Kabar SurabayaTaman Pelangin “Oase” di Perbatasan Surabaya – Jumlah penduduk di kota surabaya dan sekitarnya semakin bertambah banyak. Belum lagi para pendatang dari luar Kota Surabaya yang tinggal di Kota Surabaya untuk bekerja maupun menuntut ilmu. Yang tentunya menimbulkan tingkat kejenuhan dan menambah kesesakkan. Jalanan penuh dengan kendaraan yang saling berebut mengejar waktu. Oleh karena itu perlunya fasilitas taman kota bagi kota Surabaya memang sudah menjadi kewajiban. Diharapkan para penduduk Surabaya dapat melepas kejenuhan untuk refreshing tanpa harus bepergian ke luar kota.

Taman Pelangi, taman kota yang terletak di ring road Jalan Ahmad Yani Surabaya. Taman ini memang tidak seberapa luas namun memiliki nilai fungsional sebagai taman kota dan bernilai estetika yang tinggi. Konsep yang ditampilkan adalah ikon kota Surabaya. karena dengan adanya Taman Pelangi tersebut, orang yang berasal dari luar kota dan masuk ke Kota Surabaya bisa langsung menikmati pemandangan di taman ini.

Ikon dari Taman Pelangi yakni memiliki kenampakan desain monument pilar-pilar yang memanjang dan berpola miring melengkung menyerupai ruas daun. Itulah corak utama dari Taman Pelangi dengan dibawahnya terdapat kolam. Saat malam hari akan terlihat sekali mengapa taman ini disebut sebagai taman pelangi. Pada pilar-pilar yang memanjang tersebut ketika malam hari akan memantulkan cahaya lampu dari bawahnya. Sehingga seolah-olah kita dapat melihat pelangi dari cahaya yang dipantulkan oleh pilar tersebut. Selain itu juga terdapat air mancur yang jatuh ke bawah sehingga akan menambah keindahan taman ini. kesejukan suasana taman kian segar dengan keberadaan air mancur tersebut. Kesegaran tersebut bisa mengurangi kepadatan tingkat polusi udara dari kendaran bermotor yang cukup pekat melewati kawasan ini.

Baca : Museum Fleet House, Rekam Jejak Maritim Surabaya

Untuk akses menuju Taman Pelangi yang terletak tepat di bundaran Jalan Ahmad Yani, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Pengunjung yang berasal dari luar kota Surabaya dapat mengunjungi taman ini tanpa perlu menghabiskan banyak waktu perjalanan tempuh yang terlalu panjang.

Taman pelangi ini disediakan lahan parkir yang tidak luas sehingga yang kendala adlah untuk memarkir kendaraan roda empat. Apalagi jika kondisi taman sedang padat pengunjung, siap-siap untuk mencari alternatif tempat parker lain di sekitar lokasi. Memasuki pintu masuk, pengunjung diperbolehkan langsung masuk karena tidak ada biaya tiket masuk.

Setelah melewati area di pintu masuk, para pengunjung langsung dibawa pada pemandangan taman kota yang unik dan  berbeda dengan taman kota lainnya. Suasana yang hijau, santai, dan asri serta jalur jalan setapak yang bisa dipakai untuk sarana olahraga maupun kegiatan lainnya. Di areal tengah Taman Pelangi, terlihat luasan halaman yang didasari paving. Serta di tengahnya ditanami beberapa pohon berukuran tidak terlalu besar. Namun pada areal ini tidak terdapat kursi-kursi taman yang sebenarnya bisa meningkatkan nilai fungsional bagi pengunjung yang ingin bersantai dan melewatkan waktu di taman Pelangi ini.

Baca : Jejak Sejarah Di Museum Surabaya

Tidak hanya jalanan setapak yang dibuat dari bahan semen saja yang ada di taman ini, ada pula jalanan setapak yang dibuat untuk foot therapy. Yaitu dengan penggunaan bermacam batuan yang ditata untuk menghasilkan rasa sensasi seperti melakukan terapi bagi pengunjung. Di sisi kiri taman terdapat beberapa teduhan yang menonjolkan orientasi aspek kehijauannya. Tralis besi yang atapnya ditutupi dengan vegetasi tanaman rambat sehingga diperoleh kesan suasana teduh dan sejuk.

Nah, yang tidak kalah penting yaitu sebagus apapun suatu tempat akan terasa kurang apabila tidak menyediakan fasilitas toilet umum. Meskipun terdengar sepele namun aspek ini sangatlah penting. Bangunan fasilitas toilet pada Taman Pelangi letaknya berdekatan dengan area parkir. Dengan demikian adanya Taman Pelangi Surabaya ini tentunya telah memenuhi aturan standar dan beragam fungsi dari berdirinya sebuah taman kota. (Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

atalantis-land-kenjeran-surabaya-a

Atlantis Land Kenjeran, Wahana Hiburan Terbaru Di Tepi Pantai Surabaya

Atlantis Land Kenjeran, Wahana Hiburan Terbaru Di Tepi Pantai Surabaya Kabar Surabaya – Kemanakah warga …