Home / Wisata / Taman Prestasi Surabaya Hidupkan Wisata Sungai

Taman Prestasi Surabaya Hidupkan Wisata Sungai

taman-prestasi-surabayaTaman Prestasi Surabaya Hidupkan Wisata Sungai

Kabar Surabaya – Taman Prestasi Surabaya Hidupkan Wisata Sungai – Kota Surabaya adalah sebuah kota yang di lalui oleh sungai Kalimas. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasannya sungai Kalimas adalah sungai legendaris yang menjadi salah satu ikon di Kota Pahlawan. Penamaan Kota Surabaya-pun tidak terlepas dari sungai Kalimas ini. Kali ini Kabar Surabaya akan mengulas bagaimana peran Pemerintah Kota Surabaya untuk mencoba menghidupkan kembali fungsi kalimas sebagai wisata sungai. Salah satu yang telah di coba oleh Pemkot Surabaya adalah pemanfaatan Taman Prestasi Surabaya sebagai ajang wisata sungai murah meriah bagi warga Kota Surabaya.

Taman Prestasi Surabaya adalah taman kota yang terletak di Jalan Ketabang Kali Surabaya dan memiliki  Luas  kurang lebih 6000 m-persegi. Pada awalnya taman ini bernama Taman Pintar karena pembangunan awalnya  di rancang dengan sangat pintar oleh beberapa kecamatan yang ada di Kota Surabaya. Namun setelah beberapa waktu, nama taman ini di ganti dengan Taman Prestasi Surabaya, karena ada beberapa replika dari prestasi dan penghargaan yang di berhasil di raih oleh Kota Surabaya, seperti penghargaan Adipura (penghargaan di bidang kebersihan) dan Wahana Tata Nugraha (penghargaan di bidang lalu lintas).

Baca : Mie Brengsek Surabaya, Mie Sehat Super Pedas

Salah satu yang menjadi icon dari Taman Prestasi Surabaya ini adalah Monumen Pesawat Bomber B-26 Intruder. Pemasangan pesawat perang ini adalah untuk mengenang jasanya dalam perang kemerdekaan dari tahun 1950 hingga tahun 1977.

Untuk masuk ke Taman Prestasi Surabaya ini, anda tidak akan di kenakan tiket masuk alias Gratis. Hanya tinggal membayar uang parkir kendaraan anda bisa langsng masuk tanpa perlu membayar lagi. Untuk parkir motor terletar di dalam area taman Prestasi Surabaya, namun untuk mobil harus mengalah berada di tepi jalan raya.

Memasuki Taman Prestasi Surabaya ini, seakan kita memasuki kawasan yang sejuk dan asri. Hal ini di karenakan banyaknya pohon rindang dan besar yang di tanam di kawasan ini. Di tambah dengan aliran sungai Kalimas yang membuat hawa semakin sejuk.

Fasilitas di Taman Prestasi ini terbilang paling lengkap bila di bandingkan dengan taman lainnya. Beragam fasilitas tersebut adalah :

1. Permainan Anak berupa ayunan, perosotan, jungkat-jungkit dan lain sebagainya.

2. Wifi (Jangan terlalu di andalkan, karena masih terbilang lemot)

3. Mushola

4. Kamar Kecil

5. Sentra PKL

6. BLC (Broadband Learning Centre), fasilitas ini termasuk istimewa karena di Kota Surabaya hanya ada tiga taman yang di lengkapi dengan BLC, salah satunya di Taman Prestasi ini. Dengan fasilitas ini para pengunjung bisa menikmati pembelajaran / kursus internet dan komputer secara gratis. Para peserta akan di latih oleh tenaga profesional dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya dan akan memperoleh sertifikat langsung dari Pemkot Surabaya.

Baca : Pemutihan Pajak Kendaraan 2016 Surabaya Segera Di Gelar

7. Wisata Sungai Kalimas

Dari beragam fasilitas yang ada, Wisata Sungai Kalimas adalah fasilitas yang jarang di miliki oleh taman kota lainnya. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 4000 rupiah / orang, pengunjung bisa bisa menikmati wisata sungai dengan menaiki perahu motor selama 15 menit. Selama perjalanan dengan menggunakan perahu , para pengunjung akan bisa menikmati sungai Kalimas yang merupakan sungai bersejarah di Kota Surabaya ini. Memang kondisi air di Sungai Kalimas ini belum bisa berwarna jernih, namun sudah bebas dari sampah.

Dermaga yang di miliki oleh oleh Taman Prestasi Surabaya ini juga merupakan spot yang menarik juga untuk di nikmati. lantainya yang terbuat dari kayu dengan atap dari tenda akan menjadi latar belakang yang cantik bagi penggemar fotografi.

Selain Taman Prestasi Surabaya, sebenarnya Pemerintah Kota Surabaya juga telah membuka juga kawasan sisi Monumen Kapal Selam (Monkasel) sebagai wisata sungai Kalimas. Kedepan nanti, Pemkot Surabaya ingin membuat wisata sungai di Kota Surabaya ini menjadi seperti wisata sungai di negara Italia. JIka semua sisi sungai kalimas sudah di benahi, bukan tidak mungkin, Kota Surabaya akan mempunyai transportasi alternatif selain transportasi darat yang saat ini kondisinya sudah mulai padat. (Yanuar Yudha)

 

About Kabar Surabaya

Check Also

rumah-air-surabaya

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda

Rumah Air Surabaya, Wisata Edukasi Pengolahan Air Sejak Jaman Belanda Kabar Surabaya – Rumah Air …