Home / Kabar Surabaya / Taman Surya Surabaya, Sarana Rekreasi Murah Meriah

Taman Surya Surabaya, Sarana Rekreasi Murah Meriah

taman-surya-balai-kota-surabayaTaman Surya Surabaya, Sarana Rekreasi Murah Meriah

Kabar Surabaya – Taman Surya Surabaya, Sarana Rekreasi Murah Meriah – Kota Surabaya adalah kota yang selalu berusaha untuk memberikan ruang seluas-luasnya bagi warganya. Ruang yang di maksud di sini adalah berupa kesempatan dan fasilitas untuk berkarya dan beraktifitas. Untuk berkarya Pemerintah Kota Surabaya telah banyak memberikan pelatihan-pelatihan kerja serta kursus-kursus pendidikan dan kesenian yang bisa di akses warga secara gratis. Sedangkan untuk beraktifitas Pemkot Surabaya telah banyak membangun taman-taman bermain serta ruang terbuka hijau yang juga bisa di gunakan warga secara gratis. Salah satu taman yang akan kita bahas kali ini adalah Taman Surya Surabaya.

Taman Surya Surabaya sebenarnya adalah taman yang terbilang sangat jadul. Bahkan sudah ada sejak Balai Kota Surabaya berdiri. Kondisi Taman yang berada di depan Balai Kota Surabaya ini telah mengalami perubahan fisik sejak Tri Rismaharini di lantik menjadi Walikota Surabaya. Perubahan itu tampak dengan di bongkarnya dinding pembatas taman yang terbuat dari tembok semen, dan di ganti dengan pagar tanaman hidup. Sehingga saat ini kondisi Taman Suurya terlihat lebih hijau dan lebih segar. Begitu juga dengan pelataran yang dulunya tanah, sekarang di ganti dengan lantai keramik. Hal ini membuat Taman Surya bisa di gunakan berlari-lari oleh anak kecil tanpa takut kakinya kotor.

Taman Surya ini terletak di Jalan Taman Surya No.1. (Eh, kok bisa sama gitu ya namanya…. ). Biasanya Taman Surya Surabaya ini ramai di kunjungi oleh warga pada saat weekend (hari Sabtu dan Minggu). Kondisi taman yang luas, dan banyaknya tanaman, membuat taman ini sangat nyaman untuk di gunakan sebagai ajang rekreasi bersama keluarga. Berdasarkan pantauan dari Kabar Surabaya, bila malam Minggu tiba, anda akan mendapati pelataran Taman Surya Surabaya ini penuh sesak dengan anak kecil yang berlarian dengan menggunakan sepatu roda. Memang pelataran dari Taman Surya yang ber-keramik akan membuat sepatu roda berjalan dengan lancar dan kencang.

Sebagai Taman yang lokasinya menjadi satu dengan gedung kerja Walikota Surabaya, tentunya fasilitas yang ada tidak selengkap dengan taman-taman kota yang lainnya. Karena berada di Balai Kota, tentunya taman ini tidak di lengkapi dengan aneka permainan anak, seperti ayunan, prosotan dan jungkat jungkit. Taman ini seringkali di pakai untuk kegiatan resmi Pemerintah Kota Surabaya seperti Upacara Kenegaraan, penerimaan tamu dan aktifitas formal lainnya.

Meskipun termasuk taman resmi, namun ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Beberapa fasilitas tersebut adalah :

  1. Air Mancur Utama: Fasilitas utama ini berada di tengah-tengah taman dengan ukuran yang besar dan terdiri dari beberapa pancaran air.
  2. Pojok Air Mancur Kembar : Bangunan Air Mancur ini berada di pinggir dari pelataran Taman Surya. Terdapat 5 pancaran air yang akan memancar secara bergantian.
  3. Air Mancur Menari : Inilah air mancur yang paling di gemari oleh anak-anak. Air Mancur ini berada di luar pagar dari Taman Surya. Terdiri dari beberapa pancaran air yang keluar secara bergantian. Bila sore hari di lokasi ini akan di kerumuni oleh anak-anak yang ingin merasakan segarnya air mancur.
  4. Parkir Meter : Sesuai dengan namanya, Parkir Meter merupakan alat parkir elektronik yang di sediakan untuk pengunjung yang akan memarkir kendaraannya di sekitar jalan Taman Surya.
  5. Kursi Taman : Kursi ini terletak di luar Taman Surya. Terbuat dari besi yang akan membuat anda rilek sejenak menikmati angin sore.

Beberapa event dari beberpa dinas Kota Surabaya biasanya selalu di selenggarakan di sini. Seperti event yang di laksanakan oleh Dinas Pertanian yang menggelar Pasar Murah produk-produk hasil pertanian. Event ini di laksanakan pada Minggu ke-3 setiap bulan. Acara ini selalu menjadi magnet bagi para ibu-ibu yang ingin berbelanja sayur-mayur langsung dari petani yang ada di Kota Surabaya. Pada event ini juga di sediakan beragam bibit tanaman gratis. Pembagian bibit tanaman ini di maksudkan agar warga bisa menanam sendiri sayuran di pekarangan rumah.

Jika berkunjung ke Taman Surya Surabaya, sempatkan pula untuk memasuki Gedung Balai Kota Surabaya. Di sini kita akan merasakan suasana dari gedung peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik. Bahkan di bagian belakang Gedung Balai Kota ini masih terdapat Bunker Belanda yang sangat misterius. (Yanuar Yudha)

 

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …