Home / Kabar Surabaya / Tekan Kecelakaan Lalu Lintas, Surabaya Segera Terapkan Tilang Online

Tekan Kecelakaan Lalu Lintas, Surabaya Segera Terapkan Tilang Online

tilang-online-surabaya-aTekan Kecelakaan Lalu Lintas, Surabaya Segera Terapkan Tilang Online

Kabar SurabayaTekan Kecelakaan Lalu Lintas, Surabaya Segera Terapkan Tilang Online – Seperti kita ketahui bersama, bahwasannya pertumbuhan ruas jalan baru di Kota Surabaya terbilang cukup pesat. Sebut saja salah satunya yang ada di kawasan Rungkut hingga wilayah Kenjeran, yaitu jalan Midle East Ring Road (Merr). Jalan Merr atau yang di kenal dengan nama Jl. Sukarno ini menjadi jalur tersibuk pada saat jam berangkat dan jam pulang kerja ataupun sekolah. Kepadatan lalu lintas ini juga di sumbang oleh jumlah kendaraan bermotor, baik roda dua dan roda empat yang terus bertambah setiap tahunnya.

Untuk mengantisipasi tingkat kepadatan lalu lintas ini, sejatinya telah banyak yang di lakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Salah satunya adalah dengan cara memperlebar ukuran badan jalan. Cara yang lain adalah dengan melakukan sosialisasi tentang bagaimana menjaga ketertiban dan keselamatan berkendara di jalan raya. Karena, sejatinya tingginya angka kecelakaan lalu lintas sebenarnya berasal dari bagaimana cara mengemudi yang salah atau terlalu ugal-ugalan.

Faktor cara mengemudi yang benar atau safety riding inilah yang harus selalu di jaga oleh setiap pengendara. Karena banyaknya kecelakaan lalu lintas selalu berawal dari pelanggaran lalu lintas yang di lakukan oleh pengendara kendaraan. Kecelakaan yang terjadi ini biasanya di picu oleh pelanggaran ringan seperti menerobos lalu lintas atau melanggar garis marka jalan. Meskipun pelanggaran ini ringan namun ternyata bisa berakibat sangat fatal.

Baca : Muttonbird Bistro & Rooftop, cafe Di Atas Langit Surabaya

Pihak kepolisian tentunya tidak akan segan-segan untuk melakukan penindakan apabila terjadi pelanggaran lalu lintas. Namun tidak semua ruas jalan di jaga oleh pihak Kepolisian. Hal ini karena jumlah personel yang sangat terbatas. Untuk menekan lagi tingkat pelanggaran lalu lintas yang masih sering terjadi, saat ini Kota Surabaya sedang berupaya untuk menerapkan tilang online. Tilang online ini di harapkan akan membuat pengemudi untuk lebih patuh lagi terhadap peraturan lalu lintas yang ada.

Wacana pemberlakuan tilang online ini tidak main-main. Bahkan Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Kapolrestabes  Surabaya Kombes Pol Muhammad Iqbal sudah satu suara mengenai tilang online ini. Menurut Risma, saat ini banyak kecelakaan lalu lintas yang di sebabkan oleh kecelakaan tunggal. “Yang naik motor selamat, namun yang di tabrak meninggal, ini kan sudah merugikan orang lain” tuturnya.

Selain marka jalan dan lampu lalu lintas, banyaknya kendaraan yang ngebut juga menjadi sorotan orang nomor satu di Kota Surabaya ini. “Masih banyak orang yang ngebut hingga melebihi kecepatan yang telah di tentukan” keluh Risma. Selain kebut-kebutan, masih banyaknya motor yang naik ke pedistrian jalan juga menjadi fikus utamanya. “Biasanya kalau sudah macet, banyak motor yang naik ke pedistrian untuk cari jalan pintas” jelas Risma.

Baca : Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat

Untuk mewujudkan sistim tilang online ini, emkot Surabaya akan menambah jumlah CCTV yang saat ini telah terpasang di hampir setiap lampu merah. Nantinya akan ada ratusan CCTV yang siap untuk memantau adanya pelanggaran lalu lintas yang di lakukan oleh pengendara. CCTV ini juga akan di lengkapi dengan software yang bisa meng-capture gambar dengan detail seperti no polisi dan pengendara.

Alurnya adalah, begitu ada pengendara yang terkena tilang online, nanti akan di foto pengendara beserta kendaraannya. Setelah itu surat tilang akan dikirimkan ke rumah pengendara tersebut. Dalam surat tiang tersebut sudah ada data apa yang di langgar dan jam berapa si pengendara melakukan pelanggaran.

Pemerintah Kota Surabaya berharap bahwa sistim tilang online ini sudah akan bisa di lakukan pada bulan September 2017 mendatang. Kalau di lihat pada beberapa titik di lampu lalu lintas yang ada di Kota pahlawan ini, maka kita akan melihat ada kamera cctv di atasnya. Biasanya lampu lalu lintas yang di lengkapi dengan cctv ini di pasang papan petunjuk yang bertuliaskan “dalam pengawasan CCTV”.

Di harapkan dengan adanya tilang online ini, angka pelanggaran lalu lintas akan menurun. Jika angka pelanggaran menurun, otomatis angka kecelakaan lalu lintas juga akan menurun. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Unjuk-Rasa-Sopir-Angkutan-Kota

Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Saat Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota

Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Saat Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota Kabar …