Home / Reportase Khusus / Tilik Kampung dan Cangkrukan, Sarana Edukasi Warga

Tilik Kampung dan Cangkrukan, Sarana Edukasi Warga

Tilik Kampung dan CangkrukanTilik Kampung dan Cangkrukan, Sarana Edukasi Warga Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Tilik Kampung dan Cangkrukan, Sarana Edukasi Warga Kota Surabaya – Banyak cara yang di lakukan oleh pemerintah, sebagai sarana komunikasi dan edukasi dari aparat pemerintah kepada warganya. Salah satunya adalah melalui acara tilik kampung dan cangkrukan. Seperti yang diadakan di balai RW Bendul Merisi Surabaya pada tanggal 12 Mei 2017 yang lalu.

Tilik Kampung dan Cangkrukan ini diprakarsai oleh Bp.Suyatno, selaku RW, panitia penyelenggara dan bekerjasama dengan Polrestabes Surabaya, sekaligus Kelurahan Bendul Merisi. Acara ini dihadiri oleh Bapak Panut (BABIN-MAS) dan tokoh masyarakat setempat. Hadir pula dalam acara ini ibu-ibu PKK beserta kader-kadernya, karang-taruna, dan para undangan serta dari berbagai elemen masyarakat lainnya.

Adapun nara-sumber dari acara Tilik Kampung dan Cangkrukan itu ialah Tim Tilik Kampung BPD linmas yaitu Bp.Farid dari POLRESTABES Kota Surabaya, Brigadir Sofwan dan dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Dedi Purwanto.

Baca : Jr.NBA Indonesia dan Frisian Flag Kembali Berikan Clinic Basket

Tujuan dari acara Tilik Kampung dan Cangkrukan pada malam ini adalah agar masyarakat paham akan pentingnya menjaga kebersihan, keamanan dan ketentraman. Baik dari bagi diri sendiri maupun masyarakat di lingkungan mereka tinggal. Cara ini juga ampuh untuk mencegah terjadinya kejadian yang tidak di inginkan dan bagaimana pula cara untuk mengatasinya.

Sebagaimana penuturan dari POLRESTABES Kota Surabaya yang disampaikan oleh Brigadir Sofwan, “bahwa kejahatan itu karena adanya faktor niat dan kesempatan, namun walaupun ada niat, kalo tidak ada kesempatan maka kejahatan itupun tidak bisa terjadi”. Oleh sebab itu agar tidak terjadi tindakan pencurian, maka masyarakat diharapkan dapat menanggulanginya dengan cara jangan tidak memberi kesempatan kepada para pelaku kejahatan atau istilahnya para curanmor tersebut dalam melakukan aksinya. Salah satu caranya dengan menggalakkan kembali Tilik Kamling atau jaga kampung secara bergantian”.

Dari tim Pemadam Kebakaran Kota Surabaya juga menyampaikan bagaimana cara menanggulangi terjadinya bahaya kebakaran. Khususnya yang diakibatkan oleh konsleting listrik dan kebocoran tabung gas. Dedi Purwanto menuturkan “sebelum bepergian atau keluar rumah matikan dulu listriknya, dan diwaktu senggang hendaknya bisa mengecek kabel listrik, barangkali ada yang rusak, setelah mengetahui apabila terlihat ada yang rusak secepatnya diganti dengan yang baru”. Dedy menjelaskan kalau kabel listrik-pun juga ada masa kadaluarsanya.

Baca : Pampers Bagikan 723 Popok Pampers Di Setiap Puskesmas Surabaya

Pada kesempatan kali ini Dedi Purwanto juga memberikan tips untuk meminimalisir terjadinya kebakaran. Khususnya bagi ibu-ibu rumah tangga, apabila terjadi kebocoran gas. Apabila terjadi kebakaran gas maka langkah-langkah yang harus di lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Ambillah handuk / koset yang bahannya dari kain.
  2. Celuplah kedalam air lalu tutupkan ke api yang menyala.
  3. Matikan saluran listrik.
  4. Buka jendela dan pintu rumah agar udara dari gas tersebut secepatnya keluar.
  5. jangan lupa selalu siapkan pemadam api portable.

Candra dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Pemkot Surabaya (DKRTH) menuturkan, bahwa di harapkan kepada masyarakat bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. “Jangan membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah dilahan hijau,” jelas Candra. Lebih baik lagi apabila masyarakat bisa mengelola sampah rumah tangga secara mandiri. Karena saat ini, apabila masyarakat membuang sampah di sembarang tempat akan dikenakan Perda Kota Surabaya Nomor 5 Tahun 2015. Candra juga mengingatkan untuk tidak menebang, memangkas dan merapikan pohon seenaknya sendiri. “Apabila di perlukan. timdari DKRTH siap untuk membantu secara gratis,” pungkas Candra.  (Fitri)

About Kabar Surabaya

Check Also

Ekspedisi Kalimas Surabaya , The Surabaya Begin

Ekspedisi Kalimas Surabaya , The Surabaya Begin Kabar Surabaya – Ekspedisi Kalimas Surabaya , The …