Home / Kabar Surabaya / Tips Agar Terbebas Dari Gangguan Calo Di Terminal Bungurasih

Tips Agar Terbebas Dari Gangguan Calo Di Terminal Bungurasih

Tips Agar Terbebas Dari Gangguan Calo Di Terminal Bungurasih

Kabar Surabaya – Saat ini Terminal Bungurasih atau Purabaya kondisinya sudah sangat bagus dan cantik. Bangunan utamanya sudah mirip seperti Bandara Udara. Kesan kumuh, jorok dan kotor sudah tidak tampak lagi pada terminal tersibuk di provinsi Jawa Timur ini. Mungkin inilah satu-satunya terminal bis antar kota dan antar provinsi yang mempunyai akses seperti “garbarata”. Dari garbarata ini penumpang akan bisa langsung menuju ke bis yang di kehendakinya. Bahkan terminal ini juga punya tangga berjalan untuk memudahkan para penumpangnya. Namun sayangnya terminal ini masih juga di jangkiti oleh penyakit lamanya, yaitu belum bebas sepenuhnya dari Calo/Oknum dari pihak kru bus.

calo-di-terminal-bungurasih

Baca :  Inilah Yang Menyebabkan Obat Albothyl Bisa Mematikan

Aktifitas per-caloan oleh oknum kru bis ini kembali terjadi pada saat liburan panjang menjelang hari Raya Imlek kemarin. Kejadian ini di alami oleh seorang penumpang bis yang hendak bepergian ke Kota Semarang. Penumpang ini menaiki bis patas Sari – Indah jurusan Surabaya-Jakarta. Tarif normal bis patas ini seharusnya adalah Rp 110.000 (turun Semarang). Namun di tangan oknum kru bis, tarifnya di naikkan menjadi Rp 240.000. Merasa tiketnya terlalu mahal, sebenarnya penumpang ini hendak akan turun, namun oleh oknum kru bis Sari Indah, penumpang ini di halangi dan di suruh duduk kembali ke kursinya.

Kejadian nakal olek oknum kri Bis Sari Indah ini terekam jelas oleh vidio yang di upload oleh id facebook “Sang Pejuang”. Vidio ini akhirnya menjadi viral dan di tonton oleh ribuan orang dalam waktu singkat. Menanggapi adanya kasus ini, pihak Dinas Perhubungan Kota Surabaya lalu melakukan tindakan sebagai berikut :

  1. Pihak Dishub akan bekerja sama dengan Kepolisian dan TNI untuk mencari oknum tersebut sampai tertangkap.
  2. Dishub Surabaya telah memanggil operator dari Bus Sari Indah beserta semua crewnya untuk mempertanggung-jawabkan kejadian tersebut.
  3. Saat ini Dishub tidak mengijinkan P.O Sari Indah untuk beroperasi sebelum permasalahan ini tuntas. Selanjutnya, akan dilaporkan kepada Kementerian Perhubungan karena bus Sari Indah merupakan bis AKAP / Antar Provinsi.

Baca :  Roda 2 Di Larang Masuk Jalur Utama Ahmad Yani

Sejatinya papan informasi yang ada di Terminal Bungurasih ini sudah cukup memadai. Tanpa arahan petugas-pun para penumpang akan mudah untuk melihat petunjuk-petunjuk yang ada. Namun gangguan dan teriakan dari oknum kru bis ini yang bisa jadi malah membuat para calon penumpang menjadi bingung. Karena selain teriakan, terkadang mereka juga sedikit menarik-narik tas atau barang bawaan penumpang.

calo-di-terminal-bungurasih

Aktifitas para oknum kru bis ini biasanya akan nampak di lantai 2 di dekat lorong menuju ke arah bis. Padahal seharusnya ruangan terminal, baik lantai 1 dan lantai 2 ini harusnya steril dari kru bis. Hal ini nampak ketika Kabar Surabaya melakukan perjalanan menggunakan bis. Di lorong tersebut para kru bis berteriak-teriak kepada para penumpang dan bertanya kemana tujuannya. Hal ini tentunya membuat sebagian penumpang merasa risih dan terganggu. Sayangnya pada saat itu di lantai 2 ini tidak nampak satupun petugas dari pengelola Terminal Bungurasi yang bertugas.

Sebagai pengguna bis yang aktif, ada beberapa masukan yang bisa admin Kabar Surabaya share di sini. Hal ini agar kita bisa terbebas dari para oknum bis nakal yang membuat kita risih :

Baca :  Tuyul Kecil Cikal Bakal Boneka Adat Nusantara

  1. Sebelum ke terminal bis, pastikan kita sudah tau nama bis yang kita akan tumpangi. Misalnya jika kita hendak ke Yogyakarta ada bis Mira, Eka, Sumber Selamat, Sumber Selamat. Bila ke Ponorogo ada Jaya, Restu. Bila ke Malang ada Restu. dan lain sebagainya
  2. Apabila oknum bis tersebut mendekati anda dan menenyakan tujuan anda, jawablah dengan tegas kalau anda mau ke kota …….. dan akan menaiki bis…….. Jangan lupa untuk memasang muka yang sedikit garang/jutek.
  3. Pastikan barang bawaan anda aman dan dompet berada di dalam pengawasan anda.

Sebagai terminal tersibuk di provinsi Jawa Timur, sudah seharusnya Bungurasih terbebas dari calo dan para preman. BUnguruasih harus menjadi contoh bagi terminal-terminal lainnya di Indonesia.

Ubah sistim pembelian tiket seperti halnya kereta api atau pesawat terbang. Sehingga para calon penumpang harus membeli tiket di loket resmi terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan penumpang dan menjamin penumpang untuk mendapatkan bis yang di kehendakinya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …