Home / Tips / Tips Berkendara Saat Hujan Lebat

Tips Berkendara Saat Hujan Lebat

cara-berkendara-aman-saat-hujan-lebatTips Berkendara Saat Hujan Lebat

Kabar SurabayaTips Berkendara Saat Hujan Lebat – Saat ini, hampir di seluruh kota di Indonesia sedang di landa musim hujan. Bahkan bulan Februari ini, merupakan puncak dari musim hujan 2016, sehingga curah hujan dalam intensitas sedang dan tinggi akan senantiasa mengguyur setiap saat. Nah, bagi kita yang sedang berkendara, tentunya di perlukan cara khusus agar bisa berkendara aman saat hujan.

Baca : Ciri SPBU Pasti Pas Dan Jujur

Berkendara di musim hujan tentunya akan sangat berbeda dengan berkendara di musim kemarau. Faktor curah hujan dan jalanan yang licin merupakan faktor utama dalam berkendara saat hujan. Selain kondisi mobil atau motor yang mumpuni, cara berkendara di jalan raya dengan baik dan benar sangat di perlukan. Berikut Tips berkendara saat hujan lebat :

1. Selalu siapkan kendaraan dalam kondisi prima
Kondisi jalanan yang akan kita lalui pada saat musim penghujan adalah licin dan sebagian sangat bergelombang. Oleh karena itulah persiapan kita dalam berkendara akan sangat membantu untuk berkendara secara aman saat hujan deras sekalipun. Pastikan kondisi rem masih mampu mencengkram dengan kuat. Permukaan ban masih normal (belum tipis), Wiper masih mampu menyapu air, Lampu kota dan lampu hazzard masih menyala dengan baik serta klakson masih berbunyi dengan nyaring.

Baca : Cara Mendapatkan Pulsa Listrik Gratis Dari PLN

2. Perlambat laju mobil anda
Dalam hujan, kondisi jalanan akan basah dan licin. Keadaan ini pastinya akan membuat kondisi ban mudah sekali mengalami slip. Untuk menghindari slip, pastikan anda mengurangi kecepatan berkendara seperti anda berkendara di saat cuaca normal.

3. Hindari jalanan yang tergenang
Pada saat anda berkendara dengan kecepatan tinggi dan melintasi genangan air, maka anda akan menghadapi AquaPlanning. Yaitu kondisi dimana ban akan mengambang di atas genangan air sehingga daya cengkram ban terhadap aspal akan berkurang secara drastis. Untuk mengurangi efek Aqua planning tersebut lakukan pengereman secara bertahap hingga mobil berada dalam keadaan normal kembali. Namun kebanyakan mobil sekarang telah di lengkapi dengan sistim ABS, sehingga dapat mengurangi gejala ban mengunci saat terjadi selip. Sedapat mungkin hindari genangan air pada jalan berlubang, karena bisa saja lubang tersebut sangat dalam.

4. Jaga jarak
Kondisi jalanan yang licin dan basah menjadikan jarak pengereman pada ban menjadi tiga kali lipat lebih panjang di bandingkan pada saat normal. Oleh karena itu kita harus menjaga jarak aman anda dengan mobil depan sekurang-kurangnya dua kali dari ukuran panjang mobil anda.

Baca : Tips Hemat BBM Kendaraan

5. Aktifkan lampu saat di butuhkan
Pada saat hujan lebat, pastikan anda menyalakan lampu kota. Hal ini akan sangat membantu kendaraan lain di belakang kendaraan anda agar selalu bisa menjaga jarak dengan aman.

6. Kaca Ber-embun
Perbedaan suhu di luar dan di dalam mobil akan mengakibatkan kaca anda ber-embun. Gunakan fasilitas defroster untuk menghilangkan embun. Namun jika mobil anda belum di lengkapi fasilitas tersebut, tetap nyalakan Ac untuk mengurangi terjadinya embun. Jika hal itu masih tidak membantu, berarti saatnya anda menepikan kendaraan di tempat yang aman.

7. Tetap awas pada kondisi sekitar
Pada saat hujan deras, berarti konsentrasi anda dalam berkendara juga harus meningkat. Perhatikan mobil di depan anda, genangan air, bahkan jika ada orang menyeberang jalan.

8. Cipratan air samping
Cipratan air samping ini biasanya terjadi jika anda di lewati oleh mobil lain yang arahnya berlawanan pada saat melintasi genangan air. Biasanya hal ini akan membuat panik dan anda seketika akan menginjak rem. Hal ini sangatlah berbahaya karena anda akan bisa tertabrak oleh kendaraan yang melaju di belakang anda. Jadi tetaplah tenang dan berkonsentrasi penuh saat berkendara.

Baca : Mengurus Perpanjangan SIM Surabaya Di Taman Bungkul

Setengah jam setelah hujan adalah waktu yang sangat berbahaya. Karena debu yang bercampur dengan air akan membuat jalanan menjadi licin sehingga kondisi ban yang tidak bagus akan mudah sekali mengalami selip. Jadi berhati-hatilah pada setengah jam setelah turun hujan. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Peluang Usaha 2017 Yang Menjanjikan

Peluang Usaha 2017 Yang Menjanjikan Kabar Surabaya – Peluang Usaha 2017 Yang Menjanjikan – Perkembangan …