Home / Tips / Tips Hemat BBM Kendaraan

Tips Hemat BBM Kendaraan

tips-hemat-bensin-mobil-aTips Hemat BBM Kendaraan

Kabar SurabayaTips Hemat BBM Kendaraan – Bahan bakar fosil adalah sumber tenaga yang tidak dapat di perbaharui. Bahkan saat ini selain jumlahnya terus berkurang, bahan bakar minyak ini juga menyumbang polusi terbesar ke bumi. Untuk mengatasi hal ini sekarang para pabrikan mobil sudah mulai menciptakan mobil berbahan bakar non minyak. Seperti bahan bakar listrik, gas maupun tenaga matahari. Namun hal ini tentunya masih butuh waktu lama untuk di pasarkan secara massal.

Yang bisa dilakukan kita lakukan sekarang untuk menghemat Bahan Bakar Minyak adalah dengan menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan bermotor. Hal ini harus di lakukan agar masih bisa menyisakan untuk anak cucu kita. Tentunya jugadapat menyisakan uang lebih di kantong, mengingat harga BBM yang terus melonjak tiap tahunnya.

Berikut beberapa tips hemat bbm dengan cara berkendara yang baik

1. Pastikan kondisi mesin kendaraan selalu prima.
Selalu periksa kendaraan setiap saat sebelum digunakan. Jangan lupa lakukan service berkala sesuai dengan buku manual kendaraan. Saat ini mesin kendaraan sudah menggunakan teknologi yang tidak perlu melakukan pemanasan mesin terlalu lama ketika kendaraan akan di pakai. Memanasi kendaraan cukup 5 menit sebelum berangkat.

Baca : Ciri SPBU Pasti Pas Dan Jujur

2. Jaga putaran mesin
Untuk berkendara secara efisien, pastikan untuk mengoper gigi RPM antara 1.500-2.200 untuk mesin bensin. Bagi mesin Diesel kita bisa mengoper pada RPM 1.100 sampai 2.000. Hal ini juga akan menjaga mesin tidak bekerja terlalu keras ketika perpindahan gigi.

3. Hindari akselerasi dan pengereman berlebihan
Perhitungkan dengan matang waktu melakukan pengereman. Gunakanlah momentum kendaraan anda atau gaya “glinding” roda pada saat mesin tidak di gas. Untuk kendaraan yang beriringan, apabila kendaraan di depan sudah terlihat terlihat lampu remnya menyala. Pastikan kita juga sudah melakukan proses pengeriman agar tidak terjadi tabrakan.

4. Hindari melakukan pengereman secara mendadak.
Selama berkendara, pastikan anda selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan anda. Jangan melakukan pengeriman secara mendadak. Karena hal ini akan mengakibatkan putaran mesin akan kembali lagi ke 0 dan akan memaksa mesin membutuhkan banyak pasokan bahan bakar untuk memulai laju kendaraan kembali. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya Kabar Surabaya – Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya – Apa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *