Home / Tips / Tips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida

Tips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida

cara-mengusir-semutTips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida

Kabar SurabayaTips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida – Permasalahan yang paling sering mengganggu sebuah rumah selain masalah tikus, dan permasalahan kecoa, ternyata semut juga terkadang menjadi sebuah masalah. Tidak masalah jika hanya satu atau dua ekor saja, tetapi jika jumlah mereka sangat banyak akan membuat kita tidak nyaman. Semut ini sendiri agak susah dideteksi dari mana asal kedatangnnya. Bisa saja tiba-tiba datang rombongan semut yang muncul entah dari mana asalnya. Apalagi jika mereka sudah mulai melakukan ekspansinya menyerang makanan dan gula. Maka akan sangat mengganggu dan membuat kita semakin jengkel. Biasanya jenis semut merah lebih suka mengerubungi makanan berupa ikan, dan lauk sejenisnya. Namun berbeda dengan jenis semut hitam yang lebih suka merubung makanan yang sifatnya manis, seperti gula dan sejenisnya, minuman yang rasanya manis  dan makanan yang rasanya manis lainnya.

Baca : Cara Hemat Listrik Prabayar

Maka ketika permasalahan tersebut menyerang biasanya seseorang akan mulai berfikir bagaimana cara mengusir semut-semut tersebut? Tidak perlu menggunakan insektisida yang beresiko terhadap kesehatan keluarga. Karena anda juga bisa berkreasi sendiri dengan membuat pembasmi semut alami, aman namun tetap efektif. Berikut bahan-bahan alami untuk membasmi semut.

  • Mengatasi Semut dengan Bubuk Kopi : Jika kita pada umumnya menyukai kopi namun berbeda halnya dengan semut. Semut di kenal anti dengan serbuk kopi. Cara mengusir semut menggunakan bubuk kopi ini cukup mudah. Cukup dengan menaburkan beberapa sendok bubuk kopi pada tempat yang kita kondisikan agar tidak dikunjungi oleh semut. Kopi ini bakal membuat semut pergi jauh.. Selain itu kita juga bisa menaburkan di sarangnya.
  • Mengusir Semut dengan Mentimun : Umumnya semut sangat tidak suka dengan yang namanya mentimun. Maka dengan meletakkan potongan buah ketimun pada pusat sarang semut akan membuat semut pergi untuk selamanya. Anda juga bisa meletakkan buah mentimun yang telah diblender di jalur dimana semut berlalu lalang.
  • Mengusir Semut dengan Daun Sirih : Daun sirih sering kita jumpai sebagai bahan yang di gunakan sebagai susur (sering dikunyah) oleh para orang tua pada jaman dahulu. Ternyata daun sirih juga bisa membuat semut pergi dari rumah di rumah. Anda hanya perlu mengambil beberapa daun sirih dan meremasnya hingga mengeluarkan aroma. Aroma itulah yang sangat dibenci oleh semut. Akibatnya mereka akan menjauhi area yang terdapat remasan daun sirih.
Baca : Membuat Perangkap Nyamuk Yang Efektif
  • Membasmi Semut dengan Perasan Jeruk : Selain memberikan aroma segar untuk rumah, perasan dari buah jeruk juga ampuh bila digunakan untuk membunuh semut. Cukup dengan semprotkan perasan jeruk yang dicampur dengan air ke daerah yang banyak semut.
  • Mengatasi Semut dengan Garam / Lada : Garam yang selama ini dikenal sebagai bumbu dapur ternyata bermanfaat untuk mengusir semut. Taburkan garam/lada di sudut-sudut lemari penyimpanan makanan atau daerah yang kerap didatangi semut. Bisa juga dengan cara dilarutkan dengan air panas dan disemprotkan ke area yang banyak semut.
  • Mengusir Semut dengan Bubuk Cabai / Kayu Manis : Sama seperti garam atau lada, bumbu masak yang ini juga bisa mengusir semut. Caranya mudah, dengan menaburkan bubuk cabai atau kayu manis ke sarang semut.
  • Membasmi Semut dengan Cengkeh : Cengkeh merupakan salah satu bumbu dapur. Selain itu cengkeh juga ampuh dalam mengusir semut. Caranya dengan menaburkan cengkeh di area yang banyak semut. Dengan mencium bau cengkeh yang khas semut akan langsung menghindar dan pergi.

Itu adalah beberapa tips mengusir semut secara alami. Jika di rumah anda banyak semut yang berkeliaran, anda patut untuk mencoba tips membasmi semut secara alami diatas. Obat serangga memang terlihat cepat dalam membasmi serangga, namun efek jangka panjangnya akan sangat menakutkan. Bahan beracun yang di keluarkan bisa terhirup oleh tubuh kita dan meracuni secara perlahan. Efek racun ini akan bisa kita rasakan pada saat kita tua nanti. Jadi, pakailan cara alami dan lupangan membasmi serangga dengan obat serangga. Selamat mencoba! (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya Kabar Surabaya – Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya – Apa …