Home / Tips / Tips Menyiapkan Rumah untuk menghadapi Musim Hujan

Tips Menyiapkan Rumah untuk menghadapi Musim Hujan

mempersiapkan-rumah-menghadapai-musim-hujanTips Menyiapkan Rumah untuk menghadapi Musim Hujan

Kabar SurabayaTips Menyiapkan Rumah untuk menghadapi Musim Hujan – Menurut Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG), Pulau Jawa akan memasuki puncak musim hujan pada akhir Januari dan awal Februari ini. Hujan lebat dan angin kencang senantiasa akan terjadi, terutama pada sore dan malam hari. Untuk menjaga kesehatan badan, berada di dalam rumah saat hujan deras adalah cara terbaik. Namun pastikan terlebih dahulu kalau rumah kita aman terhadap guyuran air hujan. Memasang tirai pelindung pada rumah hanyalah solusi sementara yang bisa di lakukan. Namun ada beberapa bagian dari rumah yang akan memerlukan perhatian ekstra pada saat musim hujan seperti ini. Berikut adalah Tips Menyiapkan Rumah untuk menghadapi Musim Hujan

Baca : Cara Melewati Banjir Dengan Motor

1. Atap
Bagian atap adalah unsur yang vital dalam melindungi rumah anda dari guyuran air hujan. Periksalah atap rumah anda 2 kali dalam setahun, dan perbaiki atau ganti genting yang retak / pecah dengan yang baru. Periksa sambungan antar genting serta talang air yang biasanya terletak pada tepi genting. Apabila pada bagian talang air terdapat bocor atau karat segeralah diperbaiki sebelum karatnya melebar. Pada sambungan genting ada baiknya di berikan cat anti bocor agar atap rumah anda aman.

2. Dinding
Dinding dalam rumah biasanya berjamur dan mengelupas. Hal ini di karenakan masuknya air dari dinding luar yang meresap hingga ke dalam. Kalau ini di biarkan dalam jangka waktu lama di khawatirkan dinding dalam rumah akan berjamur dan rapuh. Jalan keluarnya adalah dengan memberikan cat anti bocor dan cat anti jamur untuk dinding yang berada di luar rumah, sehingga dinding dalam anda akan akan aman dari rembesan air hujan.

3. Lantai
Pastikan ketinggian lantai rumah anda lebih tinggi daripada teras dan jalan di depan rumah anda.

4. Langit – Langit
Tengoklah ke atas langit – langit rumah anda. Pastikan tidak ada rembesan air ataupun perubahan warna ataupun munculnya jamur yang bisa membuat kotor.

Baca : Tips Berkendara Saat Hujan Lebat

5. Pintu Dan Jendela
Pastikan ke dua bagian ini dapat menutup dengan rapat pada saat hujan mengguyur. Sehingga anda tidak perlu takut terpeleset akibat adanya genangan air hujan di dalam rumah.

6. Kabel Luar Rumah
Periksa dan teliti dengan hati-hati kabel-kabel yang ada di luar rumah. Pastikan keadaannya terbungkus dengan rapi, rapat dan tidak ada yang terkelupas. Kalau ada kabel yang terkelupas segera perbaiki atau ganti dengan yang baru. Hal ini agar tidak terjadi hubungan pendek arus listrik sehingga tidak timnul korban akibat tersengat listrik. Sengatan listrik ini biasanya terjadi bila ada kontak secara langsung dengan kabel.

7. Selokan
Cek selokan di depan rumah anda. Pastikan airnya mengalir, kalau alirannya tersumbat, anda bisa lapor ke RT agar di agendakan kerja bakti bersama. Hal ini selain untuk mencegah banjir juga mencegah berkembang biaknya nyamuk malaria yang sering datang seiring dengan adanya musim hujan. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya Kabar Surabaya – Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya – Apa …