Home / Tips / Tips Mudik Lebaran Dengan Menggunakan Mobil Pribadi.

Tips Mudik Lebaran Dengan Menggunakan Mobil Pribadi.

tips-mudik-menggunakan-mobil-pribadiTips Mudik Lebaran Dengan Menggunakan Mobil Pribadi.

Kabar Surabaya – Seminggu lagi kita akan memasuki liburan panjang Lebaran. Bicara tentang Lebaran tentu tidak lepas dari kata Mudik. Mudik sendiri bisa di artikan sebagai bepergian dari tempat asal sekarang untuk pulang ke kampung halaman guna bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara. Banyak cara yang di gunakan oleh masyarakat dalam menjalani Mudik Lebaran ini. Mereka bisa menggunakan kendaraan umum seperti Bis Kota, Pesawat Terbang, Mobil, Motor ataupun Kapal Laut.

Pemudik biasanya juga di mudahkan dengan adanya beberapa program mudik gratis 2018. Program mudik gratis ini biasanya di selenggarakan oleh pemerintah, BUMN maupun dari pihak swasta. Syaratnyapun sangat mudah dan kuotanya juga banyak, sehingga banyak masyarakat yang bebondong-bondong untuk mengikutinya.

Baca : Warga Surabaya Antusias Melakukan Penukaran Uang Baru Di Lapangan Kodam V Brawijaya.

Kali ini Kabar Surabaya akan memberikan beberapa Tips bagaimana perjalanan mudik anda nantinya bisa aman dana nyaman.

Mudik Dengan Menggunakan Mobil

Bagi anda yang akan mudik dengan mobil pribadi ada beberapa hal yang mesti anda persiapkan dengan baik. Pastikan mobil anda dalam keadaan siap untuk perjalanan jauh. Berikut adalah hal-hal yang anda harus persiapkan untuk mudik dengan menggunakan mobil.

1.  Cek ke 4 buah mobil anda. Pastikan tekanan angin pada semua ban telah sasuai dengan yang di persyaratkan pada masing-masing mobil.

2. Cek kondisi mesin mobil anda. Pastikan kabel-kabel tidak ada yang terlepas dan semua cairan, baik untuk whiper dan radiator terisi penuh. Namun jika anda tidak ingin repot, anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan perawatan sebelum berangkat ke kampung halaman.

3. Usahakan agar kondisi interior mobil anda sudah dalam keadaan bersih dari sampah. Berikan juga pewangi mobil yang baunya tidak menyengat. Hal ini bisa membuat penumpang di dalam mobil anda merasa nyaman dalam perjalanan nanti.

Baca : Cara Penukaran Uang Baru Di Bank Retail

4. Biasanya ketika mudik, kita akan membawa banyak sekali barang. Mulai dari baju hingga oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Pastikan anda hanya membawa barang-barang yang penting saja. Dan pastikan juga anda pandai untuk menatanya di dalam mobil. Karena penataan barang ini juga akan berpengaruh kepada kenyamanan para penumpang di dalam mobil.

5. Pastikan anda membawa semua kelengkapan mobil, seperti ban serep, Kunci-kunci, segitiga pengaman serta kotak P3K. Hal ini akan sangat berguna jika mobil anda mengalami masalah di tengah perjalanan,

6. Saat ini hampir seluruh ruas tol Trans Jawa telah tersambung. Meskipun beberapa statusnya masih berupa fungsional. Tol baru ini belum di lengkapi dengan adanya SPBU. Jadi pastikan bahan bakar mobil anda cukup untuk melintasinya. Tidak ada salahnya anda mengisi tanki mobil anda secara full sebelum beangkat mudik.

7. Sebelum masuk ke ruas jalan tol, pastikan saldo e-tol anda mencukupi ya. Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi / ATM maupun ke toko retail seperti Indomaret

8. Usahakan beristirahat cukup sebelum memulai perjalanan. Dan jika di tengah perjalanan anda merasa lelah dan mengantuk, jangan di paksakan. Lebih baik anda beristiahat 1 atau 2 jam di rest area terdekat atau di SPBU guna memulihkan tenaga dan menghilangkan rasa kantuk.

9. Ajaklah teman atau saudara yang bisa menyetir mobil juga. Hal ini bisa membuat anda bergiliran untuk membawa kendaraan saat anda mulai lelah.

10. Jika perjalanan anda ke kampung halaman cukup jauh, maka anda bisa di sebut sebagai musafir. SEbagai musafir makan anda boleh tidak berpuasa jika anda merasa tidak kuat untuk bepuasa. Namun jangan lupa untuk menggantinya di kemudian hari. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

aplikasi-lalu-lintas

Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran

Sistim Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran Kabar Surabaya – Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran …