Home / Tips / Tips Mudik Lebaran Dengan Aman Dan Nyaman

Tips Mudik Lebaran Dengan Aman Dan Nyaman

tips-mudik-lebaranTips Mudik Lebaran Dengan Aman Dan Nyaman

Kabar Surabaya – Tips mudik aman dan nyaman – Setelah berlebaran selama satu bulan lamanya, saatnya hari kemenangan tiba. Hampir semua umat Muslim di dunia ini mempunyai tradisi mudik untuk pulang ke kampung halaman masing – masing. Hal ini di lakukan untuk mempererat tali silaturahmi antar keluarga dan kerabat di tanah kelahiran. Bukanlah hal yang mudah untuk dapat menjalani tradisi mudik ini, oleh karena itu sangat di perlukan beberapa Tips Mudik Lebaran agar perjalanan mudik yang kita lalui dapat berjalan dengan baik.

Bagi yang masih single, mungkin hal ini bukalah suatu masalah yang berarti, karena membawa diri sendiri. Namun bagi yang sudah berkeluarga, tentunya banyak yang harus di persiapkan agar tradisi mudik ini bisa berjalan sesuai dengan yang di harapkan. Karena bila sudah berkeluarga, persiapannya harus lebih matang lagi. Mulai dari barang bawaan, apalagi kalau mempunyai anak di bawah umur 3 tahun, Tiket transportasi umum yang biasanya harganya naik pada saat Lebaran, penginapan dan lain sebagainya. Berikut beberapa Tips Mudik lebaran dengan aman dan nyaman yang bisa kami SHARE..

Baca : Cara Hemat Listrik Prabayar

1. Daftar Barang Yang Harus Di Bawa

Pastikan anda sudah melakukan persiapan untuk barang bawaan sehari sebelumnya. Hal ini untuk menghindari penyakit lupa yang sering timbul jika persiapannya mendadak. Pastikan semua barang bawaan seperti pakaian ganti, makanan untuk bekal di jalan, obat – obatan, perlengkapan mandi dan oleh – oleh untuk keluarga dan kerabat telah masuk dalam koper.

Perhitungkan juga jumlah barang bawaan yang harus di bawa, jangan sampai terlalu banyak sehingga akan merepotkan. hal ini tentunya juga akan berpengaruh pada bobot dan ketersediaan ruang pada kendaraan pribadi ataupun ongkos bagasi pada transportasi umum.

Tips mudik lebaran dengan motor : bagi anda yang menggunakan motor, janganlah membawa barang yang berlebihan. Biasanya banyak pengemudi motor yang membawa banyak kardus dan barang lainnya melebihi ukuran motor itu sendiri. Lebih amannya anda menggunakan jasa paket, agar barang bawaan di paketkan terlebih dahulu, sehingga anda bisa mengendarai motor dengan nyaman.

2. Transportasi

Tips mudik lebarandengan kendaraan umum : Bagi yang menggunakan transportasi umum, pastikan anda sudah merencanakan perjalanan anda dengan baik. Pastikan anda sudah membeli tiket 3 bulan sebelum keberangkatan. Dan yang terpenting jangan sampai tiket anda tertinggal di rumah ketika sudah berada di stasiun ataupun di bandara.

Tips mudik lebaran dengan kendaraan pribadi : Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, pastikan anda sudah melakukan pengecekan terlebih dahulu ke bengkel resmi secara menyeluruh. Karena kendaraan adalah tumpuan anda untuk melakukan perjalanan jauh yang bisa selama dalam hitungan maupun hitungan hari. Pastikan semua busi , oli dan bahan bakar sudah ter-cover dengan baik.

Baca : Cara Mutasi SIM Surabaya Dengan Mudah Dan Murah

3. Spare Part Cadangan

Hal ini pantang di remehkan, karena kita tidak tahu, apa yang akan terjadi nanti di perjalanan. Oleh karena itu persiapkan Spare part kendaraan anda dengan baik, seperti busi, ban, fanbelt dan lain sebagainya. Hal ini termasuk juga tols- tols yang ada seperti obeng, dongkrang dan lain sebagainya..jangan sampai tertinggal !!!.

4.  Hiburan

Tips mudik aman dan nyaman berikutnya adalah masalah hiburan dalam perjalanan. Hal ini karena macet berjam – jam adalah hal biasa dalam perjalanan mudik ke kampung halaman. Untuk mengatasi rasa bosan yang timbul dalam perjalanan. Untuk itu anda bisa membawa buku, musik ataupun membawa tablet/tab yang sudah di isi oleh film – film yang baru. Bila anda membawa balita jangan lupa bawakan mereka mainan – mainan kesukaannya agar tidak rewel di jalan.

5. Daya Ponsel

Posel sangat penting dalam melakukan komunikasi bersama teman atau kerabat. Bahkan mungkin bila ada hal darurat yang terjadi HP sangatlah di butuhkan untuk menghubungi pihak terkait. pastikan anda sudah menyimpan nomor penting seperti no bengkel langganan, Kepolisian dan nomor pengurus RT/RW tempat tinggal anda. Jadi pastikan pulsa anda terisi dan baterai hanphone anda penuh. Untuk itu colokan hp di mobil dan power bank sangatlah di perlukan.

6 Peta Mudik

Pada event seperti ini, biasanya banyak perusahaan yang mengeluarkan Tips Mudik aman dan nyaman dengan mencetak peta mudik. Peta ini biasanya berisikan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan, lokasi posko mudik serta rest area untuk beristirahat.

Baca : Cara Mutasi SIM Surabaya Dengan Mudah Dan Murah

7. Layanan Otomotif

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, biasanya para dealer membuka layanan posko di sepanjang jalur mudik.Tips mudik aman dan nyaman dari pihak dealer ini sangatlah berguna untuk mengecek kondisi kendaraan anda selama perjalanan. Di tempat ini biasanya juga di sediakan rest area bagi pengemudi untuk beristirahat dengan berbagai layanan gratis seperti pijat refleksi maupun makanan untuk mengisi perut yang kosong.

8. Stamina

Perjalanan jauh dalam waktu lama tentunya akan banyak menguras stamina pengemudi, untuk itu persiapkan dengan baik kondisi tubuh anda. Pastikan anda segera berhenti jika merasa mengantuk, karena banyak kecelakaan lalu lintas berawal dari rasa kantuk. Itulah beberapa tips mudik aman dan nyaman yang bisa kabar surabaya bagikan , semoga bermanfaat. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya Kabar Surabaya – Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya – Apa …