Home / Tips / Tips Rumah Aman Ketika Mudik

Tips Rumah Aman Ketika Mudik

Tips Rumah Aman Ketika MudikTips Rumah Aman Ketika Mudik

Kabar Surabaya – Mudik ke kampung halaman adalah suatu tradisi yang selalu ada di kala Lebaran tiba. Tradisi ini sangat mengakar kuat di masyarakat Indonesia. Karena dengan mudik inilah kita bisa bertemu dengan orang-tua, sanak family dan teman-teman di kampung halaman. Selain untuk menyambung rasa persaudaraan, juga akan memperkuat rasa silaturahmi sesama saudara. Biasanya tradisi mudik ini di lakukan pada saat menjelang Lebaran tiba. 3 sampai 4 hari menjelang Lebaran biasanya masyarakat mulai beduyun-duyun untuk mudik ke kampung halaman.

Namun yang perlu di perhatikan bagi para masyarakat yang mudik adalah keamanan rumah mereka sendiri yang akan di tinggalkan. Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama tentunya sangat beresiko. Apalagi ketika hampir semua tetanggak kiri dan kanan rumah juga mudik ke luar kota.

Rumah yang di tinggal penghuninya dalam waktu lama tentunya akan sangat beresiko. Biasanya para pelaku kejahatan akan mengincar rumah kosong seperti ini. Selain itu bahaya terhadap musibah seperti kebakaran juga harus menjadi perhatian sendiri bagi pemlik rumah saat akan meninggalkan kediamannya.

Baca : Tips Mudik Lebaran Dengan Menggunakan Mobil Pribadi.

Berikut adalah cara aman meninggalkan rumah pada saat akan Mudik ke kampung halaman.

1. Peralatan Listrik

Pastikan anda sudah mencabut semua peralatan listrik ketika akan berangkan. Seperti charge HP, Televisi, Pompa air, lampu, Ac dan peralatan listrik yang lainnya. Selain rumah anda akan aman dari bahaya kebakaran, tagihan listrik anada juga akan lebih hemat.

2. Peralatan Memasak

Pastikan kompor, oven, magic jar, rice cooker sudah dalam keadaan mati. Cabut pula regulator LPG dari tabungnya untuk menghindari terjadinya kebocoran gas.

3. Nyalakan Sebagian Lampu

Biarkan 1/2 lampu menyala. Hal ini untuk mengesankan bahwa rumah ada masih ada penghuninya. Lebih baik lagi jika anda mempunyai lampu yang di lengkapi oleh sensor. Jika keadaan terang lampu akan mati, namun jika gelap/malam lampu akan menyala secara otomatis.

Baca : Waspadai Busi Motor Palsu, Berikut Ciri – Cirinya

4. Hewan Peliharaan.

Anda penggemar burung berkicau…?, atau anda memiliki kucing atau anjing..?. Hewan peliharaan ini tentunya tidak bisa anda bawa mudik ke kampung halaman. Namun bila di tinggal dalam waktu yang sangat lama, tentunya akan mengkhawatirkan. Bisa-bisa hewan kesayangan kita akan mati kelaparan dan kehausan. Oleh karena itu sebaiknya kita bisa menitipkan mereka ke tetangga kita sebelum berangkat mudik. Selain tetangga biasanya klinik dokter hewan juga menerima penitipan hewan peliharaan pada saat liburan panjang seperti Lebaran ini.

5. Pintu Dan Jendela

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan semua pintu dan jendela dalam keasaan terkunci. Pastikan tidak ada celah yang bisa di gunakan oleh pencuri untuk mendongkel pintu atau jendela anda.

6. Laporkan Rencana Kepergian Anda

Sebelum anda bepergian, sebaiknya anda melaporkan rencana mudik anda ke tetangga sekitar dan perangkat setempat. Misalnya ke Ketua RT setempat. Hal ini akan membuat perangkat RT mudah untuk melakukan koordinasi dengan tim pengamanan terkait, seperti satpam setempat. Berikanlah mereka nomor telepon anda, sehingga mereka dapat mudah untuk menghubungi anda bila terdapat sesuatu yang terjadi pada rumah anda.

7. Air PDAM

Bagi anda yang memiliki tandon air, pastikan aliran pipa dari PDAM sudah tertutup. Karena jika tidak, resikonya air bisa meluber ke mana-mana. Dan ini tebtu saja akan membuat tagihan air anda akan membengkak pada akhir bulan.

Jika semua sudah terkondisikan dengan baik, maka anda bisa meninggalkan rumah anda dengan aman.

About Kabar Surabaya

Check Also

aplikasi-lalu-lintas

Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran

Sistim Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran Kabar Surabaya – Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran …