Home / Sejarah / Titik Nol Kota Surabaya, Sejarah Yang Terlupakan

Titik Nol Kota Surabaya, Sejarah Yang Terlupakan

titik-nol-kota-surabayaTitik Nol Kota Surabaya, Sejarah Yang Terlupakan

Kabar SurabayaTitik Nol Kota Surabaya, Sejarah Yang Terlupakan – Setiap kota di dunia ini pasti mempunyai yang namanya Titik Nol (Titik 0) km. Kegunaan utama dari Titik Nol adalah sebagai titik mula pengukuran antara kota yang satu dengan kota lainnya. Di kota – kota tertentu, lokasi dari Titik Nol ini di bangun dengan bentuk yang unik dan eye cathing. Jadi penanda suatu kota ini akan mudah di kenali oleh masyarakat di kota tersebut. Bahkan ada beberapa komunitas yang selalu penasaran dengan tugu Titik Nol di berbagai kota di Indonesia ini. Bagi komunitas ini, mencari lokasi Titik Nol ini menjadi semacam kegiatan yang mengasyikkan dan memberikan wawasan tersendiri dari nilai sejarahnya. Lantas di manakah lokasi Titik Nol Kota Surabaya ini berada..?.

Sampai sat ini masih banyak orang yang masih penasaran dengan lokasi Titik Nol Kota Surabaya. Bahkan ironisnya banyak warga Kota Surabaya ini yang tidak mengetahui di mana letak Titik Nol Kota Surabaya. Banyak yang mengira Titik Nol Kota Surabaya berada di Bundaran Waru. Sebagian yang mengatakan di Tugu Pahlawan. Ada juga yang mengatakan letak Titik Nol Kota Surabaya berada di dalam Pantai Kenjeran. Bukanlah salah, apabila warga Kota Surabaya kurang mengetahui dengan pasti letak Tugu Titik Nol-nya Kotanya sendiri. Hal ini di karenakan Tugu penanda Titik Nol Surabaya ini terletak di dalam halaman Kantor Gubenur Jawa Timur yang ada di Jl. Pahlawan Surabaya.

Baca : Bus Surabaya Shopping And Culinary Track Siap Berwisata 

Sebagai Kota besar, sudah semestinya Kota Surabaya bisa memberikan menempatkan tugu Titik Nol Kota Surabaya ke tempat yang lebih terbuka. Bukan seperti saat ini yang tersembunyi di dalam halaman Kantor Gubenur Jawa Timur. Bahkan dari luar kantor Gubenur, penanda tugu Titik Nol Kota Surabaya ini tidak akan terlihat. Hal ini di karenakan Tugu Titik Nol surabaya tertutup oleh pagar dan rimbunnya tanaman yang ada. Satu-satunya penanda yang turut memperjelas kalau di halaman ini terdapat tugu Titik Nol Kota Surabaya adalah sebuah patung/tugu berwarna putih. Tugu tersebut berukuran kurang lebih 1 meter yang berbentuk angka 0 (Nol). Mungkin suatu saat pihak yang terkait bisa memindahkan letak tugu Titik Nol ini ke tempat yang lebih terbuka. Bahkan jika mungkinkan bisa di bangunkan sebuah penanda yang lebih cantik dan unik. Karena peran dari Tugu Titik Nol Surabaya ini sangatlah penting. Tugu ini bisa memberikan pengetahuan sejarah yang baik kepada warga Kota Surabaya.

Dengan di letakkan di tempat terbuka maka setiap saat warga Kota Surabaya bisa mengunjungi tugu Titik Nol Kota Surabaya ini. Bukan seperti saat ini, apabila warga Kota Surabaya ingin melihat tugu Titik Nol Kota Surabaya mesti meminta ijin dahulu kepada penjaga gedung. Hal ini di karenakan kita akan memasuki akan memasuki wilayah gedung pemerintahan. Dan ijin ini tidak akan di berikan apabila di area gedung sedang ada acara.

Baca : Museum Kematian Surabaya

Walikota Surabaya Tri Rismaharini sangat terkenal dengan sentuhan tangan dingin-nya.  Banyak icon – icon baru bangunan di bangun oleh Walikota Perempuan pertama di  Kota Surabaya.  Tengok saja seperti Jembatan Surabaya, Taman Bungkul, Taman Skate Park, maka seharusnya beliau juga bisa membuat tetenger Tugu Titik Nol Kota Surabaya ini menjadi lebih cantik dan lebih megah.  Tentunya hal ini juga membutuhkan kerjasama dari Pemprov Jatim selaku penguasa lahan Titik Nol Surabaya. Namun dengan komunikasi yang baik seharusnya hal ini bisa dengan mudah di lakukan.  Dari pada keadaannya saat ini yang ter-onggok di pelataran halaman depan kantor Gubenur Jawa Timur.

Tentunya warga Kota Surabaya sangat berharap Tugu Titik Nol Kota Surabaya ini bisa terbangun dengan bagus. Selain bisa di jadikan tetenger cantik yang bisa di jadikan spot foto, bisa juga menjadi lokasi pembelajaran sejarah bagi warga kota. Apalagi jika nantinya bisa di kenal oleh wisatawan di luar Kota Surabaya, tentunya akan menjadi benefit tersendiri bagi Kota Surabaya.   (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

museum-tugu-pahlawan-surabaya

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo Kabar Surabaya – Museum Tugu Pahlawan …