Home / Kabar Surabaya / Toilet Portable Menimbulkan Polusi Bau

Toilet Portable Menimbulkan Polusi Bau

Toilet Portable Menimbulkan Polusi Bau

Kabar Surabaya – Kebutuhan akan buang hajat, baik buang air kecil maupun air besar memang sangatlah mendesak. Oleh karena itu, sejak tahun 2017 lalu Pemerintah Kota Surabaya mulai menempatkan beberapa Toilet Portable di beberapa lokasi. Toilet Potable ini terbuat dari bahan PVC/Plastik yang mempunyai tinggi sekitar satu setengah meter dan memiliki warna orange. Biasanya Toilet Portable ini banyak di tempatkan di beberapa lokasi taman kota dan ada pula yang di tempatkan di trotoar jalan pada pusat kota.

toilet-portable-surabaya

Beberapa lokasi yang saat ini di lengkapi oleh Toilet Portable ini adalah Joyoboyo, Margoyoso, Bubutan Utara, Yos Sudarso, Jaksa Agung Suprapto, Sedap Malam, Siola, Tanjungsari dan Taman Surya. Penempatannya memang sengaja di lokasikan di tempat terbuka, hal ini untuk menghindari tindakan kejahatan yang mungkin terjadi. Toilet ini sengaja di sediakan agar warga Surabaya tidak buang air sembarangan, termasuk buang air ke suangai.

Baca :  Pemkot Surabaya Kembali Laksanakan Pelatihan Kerja Dan Sertifikasi Profesi Gratis

Penanggung-jawab operasional dari Toilet Portable ini adalah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya. Ketersediaan air dan kebersihan toilet adalah tugas dari dinas tersebut. Menurut penjelasan dari Pemerintah Kota Surabaya Toilet Portable ini memang jenis toilet kering. Jadi penggunaan airnya memang sangat se-efisien mungkin.

Pengguna dari Toilet Kering ini kebanyakan adalah pengendara motor, penngemudi ojek online, serat pedagang di sekitar toilet tersebut.

Namun, dari sekian juta warga Kota Surabaya, berapa persenkah yang sudah mencoba menggunakan Toilet Portable ini..?. Ketika hal tersebut di tanyakan kepada masyarakat, ternyata jawabannya sangatlah beragam. Namun rata-rata mereka jarang atau malah tidak pernah menggunakan Toilet Portable ini. Kebanyakan alasan mereka adalah, baunya yang sangat menyengat.

“Saya pernah akan menggunakan toilet ini di suatu taman, namun ketika mendekati ke tempat ini, baunya “pesing” banget, jadi saya batalkan deh”

Baca :  Surabaya Akan Tanggung Biaya BPJS Dan Pensiun Para Pekerja Surabaya

“Mending di “kukuti” ae mas..nyepet-nyepeti pandangan, baunya loh ga nguati”

Admin Kabar Surabaya ketika berkunjung ke Taman Surya yang terletak di depan Balai Kota Surabaya pernah akan mencoba Toilet Portable yang terletak di dekat pintu masuk sebelah timur. Ketika pintu toilet tersebut di buka, bau “pesing” langsung tercium. Alhasih jadi batal menggunakannya.

Pak Darmo, salah satu pedagang di sekitar Tunjungan Plaza menyatakan kalau dirinya sering menggunakan Toilet ini. Menurutnya toilet ini memang airnya sering habis, jadi kebanyakan yang akan menggunakannya selalu membawa air sendiri. Menurut Darmo, toilet ini setiap harinya selalu di bersihkan oleh petugas dari dinas DKP, namun bau “pesing” yang tercium masih saja tidak bisa hilang. (Yanuar Yudha).

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …