Home / Kabar Surabaya / Toserba Rungkut Jaya Surabaya Masih Ramai Peminat

Toserba Rungkut Jaya Surabaya Masih Ramai Peminat

toserba-rungkut-jaya-surabayaToserba Rungkut Jaya Surabaya Masih Ramai Peminat

Kabar SurabayaToserba Rungkut Jaya Surabaya Masih Ramai Peminat – Masihkan anda ingat akan Toserba…?. Mungkin para remaja sekarang sudah tidak familiar lagi dengan sebutan kata Toserba. Mereka lebih kenal dengan sebutan Minimarket. Sayang sekali, karena Minimarket sejatinya adalah kata-kata dalam Bahasa Inggris. Sedangkan Toserba sendiri merupakan singkatan dari Toko Serba Ada. Toserba ini sempat menjamur di tahun 80-an hingga awal 90-an. Namun sejak kemunculan Minimarket seperti Alfa Retail, Indomart, lalu di susul oleh Hypermart Carefour, Giant dan lain sebagainya, keberadaan Toserba ini semakin terhimpit. Bahkan satu demi satu gulung tikar karea sepinya pengunjung. Salah satu Toserba yang masih eksis ada di kawasan Rungkut. Toserba ini bernama Toserba Rungkut Jaya.

Toserba Rungkut Jaya ini berdiri pada sekitar awal 80-an. Berawal dari sebuah toko kecil, saat ini bisa berkembang dan maju hingga seperti sekarang. Bahkan sekarang bisa menempati bangunan bertingkat tiga lantai. Seakan tidak mau kalah dengan gempuran minimarket-minimarket yang sekarang keadaannya sudah menjamur bahkan ke pelosok kampung, Toserba Rungkut Jaya masih tetap tegar berjaya. Bukannya ikut gulung tikar seperti toserba yang lain, namun Toserba Rungkut Jaya justru tetap eksis untuk melawan. Bahkan saat ini kondisinya sangatlah ramai dan masih di gemari oleh konsumen. Saking ramainya, pada waktu akhir bulan atau awal bulan setelah gajian, toko ini langsung di serbu oleh pembeli. Bahkan parkiran motor yang ada di depannya seakan tidak kuasa menampung luberan kendaraan.

Baca : Kampung Lontong, Denyut Nadi Warga Banyu Urip Lor

Toserba Rungkut jaya ini berada di jalan Jl. Rungkut Industri Kidul No.46. Di sepanjang jalan ini merupakan jajaran toko-toko yang mungkin umurnya hampir sama dengan Toserba Rungkut Jaya. Lingkungan di sekitar kawasan Rungkut Kidul ini banyak di dominasi oleh hunian kost-kost’an. Kebanyakan mereka yang nge-kost di sini adalah kawaryawan dan karyawati pabrik yang berada di Komplek Surabaya Industrial Estate Rungkut (PT SIER) yang telah berdiri sejak tahun 1974. Dan para buruh pabrik inilah yang awalnya menjadi target utama dari Toserba Rungkut Jaya. Hal ini di karenakan pada masa tersebut kawasan Rungkut dan Gunung Anyar masih belum sepadat seperti saat ini.

Penanda pertama dari lawasnya bangunan di Toserba Rungkut Jaya ini adalah tinggi dari lantai satu yang lebih rendah daripada jalan raya di depannya. Di lantai satu ini anda dapat menjumpai bagian yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga. Di lantai satu Toserba Rungkut Jaya ini terdapat empat bagian. Pada bagian kiri ini terdapat bagian yang menjual berbagai kebutuhan kamar mandi dan sekitarnya. Barang yang di jual seperti sabun mandi, pengharum ruangan, pasta gigi, sabun cuci dan alat pembersih lainnya.

Di sampingnya terdapat ruangan yang menjual barang-barang plastik. Di sini kita bisa menjumpai wadah-wadah platik, ember, gayung, keranjang plastik dan lain sebagainya. Naik sedikit setengah lantai anda akan menjumpai ruangan yang menjual mainan anak-anak. Bagian utama dari lantai satu terletak di depan kasir, disini barang di tata seperti di pertokoan modern dengan sistim lorong dan rak. Ada rak yang menjual makanan ringan, bumbu dapur, minuman kemasan, dan lain-lain. Sedangkan di belakang kasir kita akan temui bagian yang menjual susu formula baik untuk bayi maupun dewasa.

Baca : Wisata Kuliner Imlek Di Surabaya

Naik ke lantai dua, anda akan menemui ruangan besar yang menjual kosmetik, aksesoris pria dan wanita maupun anak-anak. Di sini di jual juga berbagai perlengkapan bayi serta perlengkapan kantor dan sekolah. Satu ruangan besar berisi berbagai jenis tas dan koper juga ada di lantai dua ini.

Naik ke lantai tiga, anda akan menemui dua ruangan besar yang berisikan pakaian. Di sini menjual pakaian wanita, pria dan anak-anak.

Namun jangan harap anda akan menemukan lift atau tangga berjalan di tempat ini. Ingat, ini adalah Toserba, bukan Supermarket. Jadi untuk naik ke tiap lantainya kita harus menaiki anak tangga. Pada awalnya Toserba Rungkut Jaya hanya di lengkapi dengan kipas angin saja. Namun karena banyak keluhan dari pengunjung yang merasa kegerahan, akhirnya sekarang sudah di lengkapi dengan Air Condisioner dengan type standing. Lumayan lah….daripada tidak sama sekali.

Untuk masalah harga, jangan kuatir, Toserba Rungkut Jaya ini selalu menyediakan harga murah. Jika anda berbelanja di Supermarket dan sering menemui harga discount. Di Toserba Rungkut jaya ini, harganya bakhan lebih murah dari pada di Sipermarket yang harganya sudah di discount. Untuk membuktikannya, silahkan melangkahkan kaki anda ke tempat ini kawan…di jamin pengeluaran belanja bulanan anda akan irit dan hemat. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …