Home / Kabar Surabaya / Ujung Galuh Sang Ikon Baru Kota Surabaya

Ujung Galuh Sang Ikon Baru Kota Surabaya

jembatan-ujung-galuh-surabayaUjung Galuh Sang Ikon Baru Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Sejak di pimpin oleh Tri Rismaharini, Kota Surabaya menjelma menjadi kota yang cukup indah dan asri. Beragam infrastruktur tampak berdiri dengan megah dan sangat indah di pandang mata. Saat ini Kota Surabaya juga telah mempunyai bangunan baru yang akan segera di resmikan. Namun, meskipun belum di resmikan, kecantikan dan keindahan bangunan baru ini tidak bisa di tutupi.

Jika anda kebetulan melintas di jalan Ngagel, atau tepatnya di depan pusat perbelanjaan Carefour, maka anda akan melihat adanya infrastruktur baru disana. Infrastruktur ini berbentuk jembatan yang membentang di atas Kalimas. Jembatan yang mulai di bangun pada awal tahun 2017 ini berada tidak jauh dari jembatan BAT atau yang biasa di sebut jembatan bungkuk. Pada awalnya jembatan baru ini di beri nama jembatan Ratna, nama itu di ambil dari nama jalan yang berada di dekatnya. Namun, setelah di pertimbangkan secara matang, akhirnya Walikota Surabaya memutuskan untuk memberikan nama “Ujung Galuh”. Nama ini di ambil dari nama asal Kota Surabaya silam, yaitu Ujung Galuh.

Baca :  Bursa Kerja 2018 Kota Surabaya Segera Di Gelar

Perancang utama dari Jembatan Ujung Galuh ini adalah Tri rismaharini sendiri. Beliau memang lulusan dari arsitektur ITS, jadi sangat wajar jika bisa merancang sebuah jembatan yang cukup indah tersebut. Jika kita melihat Jembatan Ujung Galuh ini, mungkin yang kita dapati adalah kesan cantik. Apalagi jika di lihat pada malam hari. Dua lengkungan yang menjadi ciri khas-nya seakan berkedip kepada siapa saja yang melihatnya. Lampu LED warna-warni akan menambah kecantikan dari jembatan ini. Warna ungu nampak dominan pada jembatan ini jika di lihat pada malam hari.

Ciri khas Kota Surabaya tampak pada logo Suro dan Boyo berwarna emas yang ada pada masing-masing pilarnya. Jembatan ini dominan berwarna hitam dengan ada aksen warna orange pada pagar samping kiri dan kanannya.

Jembatan yang menghubungkan jalan Ngagel dan jalan Darmo ini nantinya akan menjadi pelengkap destinasi wisata di kawasan ini. Hal ini di karenakan Pemerintah Kota Surabaya telah siap untuk membuat wisata perahu di Kalimas ini yang nantinya akan melintas di bawah Jembatan Ujung Galuh. Di sepanjang Kalimas nanti juga akan di bangun joging track sepanjang 1.5km. Bahan dari joging track ini bukanlah batu atau semen, melainkan bahan yang lunak seperti alas sandal jepit. Selain itu juga akan di bangunkan taman yang cukup indah pada sekitar jembatan nantinya.

Rencananya Walikota Surabaya akan meresmikan Jembatan Ujung Galuh pada akhir bulan Maret ini. Jembatan ini nantinya akan menjadi  tetenger yang cukup indah di atas Kalimas.

Baca :  Layanan Mobil Derek Gratis Hadir Untuk Warga Kota Surabaya

Meskipun belum di resmikan, namun keindahan Jembatan Ujung Galuh ini seakan menghipnotis orang untuk mendekatinya. Saat ini masih terdapat barikade berwarna orange yang masih di pasang untuk menghalangi kendaraan yang akan melintas di atasnya. Sayangnya meskipun jembatan ini belum di resmikan, pada hari Minggu pagi biasanya akan banyak mobil yang parkir di atas jembatan ini.

Parkir mobil ini sangat di keluhkan oleh masyarakat, karena selain tarifnya yang mahal. yaitu Rp 10.000, mobil juga di tinggal begitu saja oleh oknum jukir. Dinas Perhubungan selaku pengelola parkir menyatakan akan menindak tegas oknum yang mengarahkan kendaraan parkir di atas jembatan tersebut.

Dinas Perhubungan menegaskan ,bahwa Jembatan Ujung Galuh ini siap untuk di resmikan pada akhir bulan Maret 2018. Saat ini masih akan di lakukan pemasangan trafick Light dan CCTV. Setelah itu akan di laksanakan rekayasa lalu lintas sebelum benar-benar di buka untuk umum. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …