Home / Kabar Surabaya / Warga Surabaya Antusias Melakukan Penukaran Uang Baru Di Lapangan Kodam V Brawijaya.

Warga Surabaya Antusias Melakukan Penukaran Uang Baru Di Lapangan Kodam V Brawijaya.

lokasi-penukaran-uang-surabayaWarga Surabaya Antusias Melakukan Penukaran Uang Baru Di Lapangan Kodam V Brawijaya.

Kabar Surabaya – Seminggu menjelang Hari Raya Lebaran warga Kota Surabaya mulai di sibukkan oleh beragam persiapannya. Mulai dari persiapan berburu baju Lebaran, Kue kering, serta yang tidak pernah ketinggalan adalah berburu uang baru pecahan kecil.

Entah bagaimana awalnya hingga uang baru pecahan kecil ini seakan menjadi hal yang wajib ada pada saat Lebaran tiba. Hal ini membuat masyarakat rela untuk berburu uang pecahan kecil ini di Bank-bank retail atau di langsung di perwakilan Bank Indonesia, bahkan juga di tempat-tempat umum yang melayani penukaran uang tesebut.

Bank Indonesia juga berupaya untuk memudahkan masyarakat dalam penukaran uang Surabaya ini. Salah satunya adalah pelayanan penukaran uang yang di lakukan oleh Beberapa Bank retail yang betempat di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya. Beberapa Bank yang ikut dalam event penukaran uang ini adalah Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Jatim, Bank BTN, Bank Niaga, Bank BNI dan beberapa bank retail yang lain. Bank-bank retail ini mengerahkan armada mobilnya untuk melayani penukaran uang di Surabaya ini. Jadi jika di lihat dari luar, akan ada barisan mobil yang berjejer di tengah lapangan.

Jadwal penukaran uang Surabaya yang berada di Lapangan Kodam V Brawijaya ini mulai di buka pada tanggal 24 Mei 2018, 30 Mei 2018 serta putaran terakhir adalah pada tanggal 5 hingga 7 Juni 2018. Penukaran uang baru ini mulai di buka pada pukul 09.00wib hingga uang yang tersedia habis. Tiap mobil penukaran uang ini di berikan jatah hingga 100 juta rupiah.

Pada tanggal 30 Mei 2018, Tim Kabar Surabaya menjadi saksi bagaimana antusiasme warga Kota Surabaya dalam mendapatkan uang baru ini. Tim Kabar Surabaya tiba di lapangan Makodam V Brawijaya pada pukul 09.15wib. Namun saat itu antrian sudah mulai mengular hingga ke jalan raya. Jika di ukur panjangnya, kira-kira mencapai sekitar 1 KM lebih. Hawa panas yang cukup menyengat pagi itu tidak menyurutkan warga Kota Surabaya untuk datang guna menukarkan uang yang di milikinya.

Saking antusiasnya warga yang melakukan penukaran uang, lahan parkir motor yang berada Lapangan Kodam V Brawijaya sampai tidak mampu menampung motor para warga. Bahkan kendaraan warga sampai harus di pindahkan di depan kolam renang Kodam.

Cara untuk melakukan penukaran uang di Lapangan Kodam V Brawijaya ini sebenarnya cukup mudah. Setelah berdiri dalam antrian yang berada di lapangan parkir, warga akan di panggil masuk ke lapangan Kodam V Brawijaya. Disini warga yang akan menukarkan uang akan di berikan nomor urut. Nomor urut ini adalah nomor dari armada mobil bank yang ikut serta event kegiatan penukaran uang Surabaya ini. Setelah mendapatkan pecahan uang kecil jari kelingking mereka akan di celupkan tinta seperti pada waktu Pilkada. Hal ini sebagai tanda bahwa mereka telah menukarkan uang dan tidak boleh untuk menukarkan uang lagi di hari yang sama.

Salah satu warga yang sempat kami wawancarai mengaku datang ke Lapangan Kodam V Brawijaya sejak pukul 6 pagi. “Sengaja datang pagi-pagi agar bisa mendapatkan uang baru mas” tuturnya.

Agar tidak terjadi antrian yang sangat panjang, mungkin ke depan perlu di pikirkan cara yang lebih praktis dan nyaman. Mungkin pihak bank bisa menyediakan beberapa ATM yang berisikan pecahan kecil baru, meskipun hanya pada saat menjelang Lebaran saja. (Yanuar Yudhatama)

About Kabar Surabaya

Check Also

rute-bus-suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo Kabar Surabaya – Sebagaimana di ketahui bahwasannya pada hari …