Home / Tips / Waspadai Busi Motor Palsu, Berikut Ciri – Cirinya

Waspadai Busi Motor Palsu, Berikut Ciri – Cirinya

Waspadai Busi Motor Palsu, Berikut Ciri – Cirinya

Kabar Surabaya – Pagi ini, Slamet Effendi (35) di buat jengkel dengan motornya. Karena meskipun sudah setengah jam di hidupkan, motornya tetap tidak mau hidup. Padahal dia harus masuk kantor pagi ini. Mau tidak mau beliau harus menuntun motornya ke bengkel langganan yang berlokasi di dekat rumahnya. Setelah di cek oleh pekerja bengkel ternyata masalahnya terdapat pada komponen busi. Busi yang terpasang di motor Slamet adalah busi palsu.

ciri-ciri-busi-palsu-2

Sangat penting bagi pengendara kendaraan bermotor untuk selalu memperhatikan secara rutin dan berkala pada komponen yang termasuk fast moving, seperti halnya komponen busi. Dengan bentuknya yang kecil dan terletak di dalam mesin, kadangkala membuat komponen yang satu ini sering sekali dilupakan. Bahkan komponen kelistrikan ini tidak akan diganti jika belum aus atau rusak.

Baca :  Berburu Buku Murah Di End Year Sale Gramedia

Sejatinya, komponen busi mempunyai peran yang sangat vital. Komponen ini berfungsi untuk memantik bunga api di dalam ruang bakar mesin. Selanjutnya bunga api ini akan membakar campuran antara udara dan bahan bakar agar piston dapat bergerak dengan perintah ledakan dari bahan bakar.

Karena fungsinya yang sangat penting, sudah semestinya kita memperhatikan kualitas dari komponen yang satu ini, terutama untuk keaslian produknya.

Saat ini anda harus sangat berhati-hatilah jika ingin membeli busi. Karena saat ini sangat marak mengenai penjualan busi palsu. Selain dapat mempengaruhi kinerja mesin, busi palsu ini juga dapat menyebabkan kerusakan komponen motor yang lain.

Diko Oktaviano selaku  Aftermarket Technical Support dari PT NGK Busi Indonesia, mengungkapkan bagaimana cara mudah untuk mengenali dengan mudah antara busi asli dan palsu.

ciri-ciri-busi-palsu-2

Baca :  Pemkot Surabaya Kembali Laksanakan Pelatihan Kerja Dan Sertifikasi Profesi Gratis

  • Perhatikan Terminal Nut, untuk ulir di busi yang asli akan terasa lebih halus dan rapi ketimbang busi yang palsu.
  • Penulisan Part Number, untuk busi asli, penulisannya akan rapih teratur. Sedangkan untuk busi yang palsu tulisannya tidak rapih. Cetakannya terkadang bisa lebih tebal atau tipis.
  • Nomor Produksi, untuk busi asli akan memiliki nomor lot produksi yang terletak di bagian hexagonal yang tak dimiliki oleh busi palsu.
  • Metal Shell, untuk metal shell pada busi yang asli terbuat dari bahan baja yang sangat kuat dan tahan panas. Di karenakan proses pengerjaannya mengggunakan plating Cr3. Maka pada busi asli akan tahan terhadap korosi dan warnanya tidak akan pudar meskipun disimpan dalam waktu lama.
  • Desain Gasket/Ring Busi, Ring pada busi palsu biasanya mudah untuk terlepas. Sementara pada busi asli, ring busi dirancang agar susah untuk terlepas. Apabila ring terlepas, maka di jamin tidak akan bisa terpasang kembali.
  • Konstruksi Ujung Elektroda, gap dan penyambungan di busi asli akan sangat rapih. Hingga kemungkinan patah dan merusak mesin tak akan ada.

Demikian cara membedakan busi asli dan palsu. Harga sedikit lebih mahal tidak apa-apa, daripada mesin rusak. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

cara-mengusir-semut-dari-rumah

Tips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida

Tips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida Kabar Surabaya – Tips Mengusir Semut Di Rumah …