Home / Reportase Khusus / Zat Aktif Daletyne, Efektif Menyembuhkan Luka Diabetes

Zat Aktif Daletyne, Efektif Menyembuhkan Luka Diabetes

zat-aktif-deletyneUnair Umumkan Obat Infeksi Efektif Untuk Menyembuhkan Luka Diabetes

Kabar SurabayaUnair Umumkan Obat Infeksi Efektif Untuk Menyembuhkan Luka Diabetes – Infeksi Nosokomial adalah infeksi yang menyerang kepada pasien – pasien rumah sakit yang biasanya di rawat di Intensive Care Unit (ICU). Infeksi ini sangatlah berbahaya, karena menjadi penyebab utama kematian bagi pasien yang terserang.

Saat ini telah di temukan zat aktif Daletyne yang berasal dari buah Olive (Zaitun). Penemu dari zat aktif Daletyne ini adalah Kayapan Satya Dharshan (Dharshan) yang merupakan CEO dan Founder Dermozone. Dharshan telah meneliti zat aktif Daletyne ini sejak tahun 2000 dengan menggunakan mesin khusus ciptaannya yang dapat memisahkan komponen penting pada minyak zaitun dengan menggunakan oksigen.

Baca : Festival Kalimas Surabaya 2016 Kembali Di Gelar

Pada bulan Maret 2017, Dharshan menggandeng Tim Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Airlangga (Unair) untuk melakukan pengujian terhadap zat aktif Daletyne ini Pengujian ini untuk menilai kemampuan Zat Aktif Daletyne dalam menanggulangi Infeksi Nosokomial. Tim penguji dari Unair ini di ketuai oleh DR.dr Agung Dwi Wahyu Widodo, MSI.

Hasil pengujian ini kemudian di paparkan pada Press Conference yang berlangsung pada hari Rabu (3/08/2016) di Aula Fakultas Kedokteran Kampus A Universitas Airlangga Surabaya. Press Conference ini di beri judul Penemuan : Tim Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Airlangga (Unair) Menguji Zat aktif Daletyne pada produk Medcare untuk menanggulangi Infeksi Nosokomial.

Infeksi nosokomial adalah infeksi yang didapat saat seseorang berada di lingkungan rumah sakit. Contohnya adalah seorang pasien yang tertular infeksi yang berasal dari staf rumah sakit atau saat si pasien berkunjung ke rumah sakit. Dr. dr. Agung Dwi Wahyu Widodo, MSI, menjelaskan, bahwa infeksi nosokomial sangat berhubungan dengan penyakit. Seperti infeksi saluran kemih, infeksi aliran darah, infeksi pada luka operasi, dan sejumlah infeksi lain yang sangat susah penyembuhannya.

“Sampai detik ini, infeksi nosokomial menjadi problem besar rumah sakit. infeksi di rumah sangat berbeda dengan infeksi di rumah sakit,” ujarnya. “Kalau infeksi di rumah mungkin dengan cuci tangan maka bakteri akan mati, namun bakteri di rumah sakit ini sangat kebal, hingga di butuhkan obat Antibiotik dengan harga yang sangat mahal untuk mematikannya” imbuhnya.

Baca : Taman Gantung Surabaya, Alternatif Wisata Jalan Tunjungan

Menurut dr Agung, zat aktif  Dalethyne mampu membunuh kuman-kuman dengan konsentrasi 50 persen. Studi lebih dalam mampu membunuh semua kuman secara total. “Jadi boleh dibilang zat dalethyne ini bersifat cidal. Apabila telah terjadi kasus infeksi dengan kuman. Sehingga menimbulkan luka, maka dalethyne dapat menjadi terapi utama di rumah sakit dan layanan kesehatan,” tuturnya.

Untuk menguji khasiat dari zat aktif Dalethyne, tim penguji juga telah mengujikan Dalethyne kepada penderita diabetes yang mengalami luka luar. Dalam waktu hanya beberapa minggu luka pada penderita diabetes yang biasanya sangat sulit untuk mengering, bisa sembuh dan menutup dengan sempurna. “Bahkan dalam sekali oles, bau yang timbul akaibat luka langsung hilang” jelas dr Agung.

Dharshan menuturkan, setelah penelitian ini. Dermozone sebagai industri akan dipasarkan mulai September mendatang dengan harga Rp 330.000untuk per 40 gram. “Untuk harga kami terus melakukan penekanan, agar lebih bisa dinikmati oleh semua kalangan. Nantinya produk akan tampil dengan beberapa komposisi, krim, oles, dan banyak lagi,” pungkasnya. Dharshan juga berencana untuk mengandeng BPJS dalam penyaluran obat ini. Hal ini di maksudkan agar bisa lebih banyak menjangkau ke masyarakat luas dengan harga yang lebih terjangkau. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Untuk Negeri

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Untuk Negeri Kabar Surabaya – Pertamina Solusi …