Wisata Kaki Suramadu

Mengisi waktu musim liburan, tak harus pergi keluar kota, dan mengeluarkan biaya yang mahal. Berbagai destinasi wisata dapat dikunjungi untuk mengisi liburan di Kota Surabaya. Salah satu diantaranya adalah wisata pantai di lokasi kaki jembatan Surabaya – Madura atau Suramadu, sisi Surabaya.

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang dibangun melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan). Jembatan suramadu ini memiliki panjang 5.438 meter, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Jembatan Suramadu diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Dengan adanya pembangunan jembatan ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan pemerataan pendapatan di wilayah Surabaya ke wilayah Madura, begitu pula dengan kependudukan.

Jembatan Suramadu sekarang telah menjadi ikon Indonesia. Selain itu, pesona sekitar Jembatan Suramadu menjadikan kita takjub terhadap pesona Indonesia. Khususnya pemandangan di sekitar Jembatan Suramadu. Nah, kenapa jembatan ini dinamakan “Jembatan Suramadu?” karena jembatan ini telah menghubungkan jalan antara Surabaya dan Madura. Oleh sebab itulah, dinamakan “Jembatan Suramadu”. Jembatan Suramadu telah dikenal sebagai jembatan panjang yang melintas diatas selat Madura untuk menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Madura.

Selain dikenal sebagai hasil pembangunan infrastruktur yang memudahkan jalur perhubungan kendaraan darat dari Surabaya ke Madura, ternyata Jembatan Suramadu ini juga dikenal sebagai tempat wisata. Sebagian warga memilih menikmati liburan di kota sendiri dan mendatangi tempat-tempat wisata yang tersedia. Seperti halnya di kota Surabaya, wisata pantai di kaki Jembatan Suramadu menjadi alternatif pilihan warga yang ingin berwisata murah di kota sendiri. Tanpa mengeluarkan biaya untuk masuk ke lokasi wisata alternatif ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan Selat Madura dari kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya.

Sepintas tidak ada yang istimewa di kawasan Jembatan Suramadu ini. Hanya tampak jalan tol dan jembatan di atas yang indah dan megah untuk dipandang saat melintasi jalan ini untuk menyebrang ke Madura dan sebaliknya. Namun ternyata, di bawah kaki Jembatan Suramadu ini banyak warga yang berkunjung untuk sekadar duduk santai, minum kopi dan menikmati semilir angin laut yang menemani pengunjung menghabiskan momen kehangatan bersama keluarga. Sementara, wilayah perairan dangkal menjadi tempat untuk anak-anak yang ingin bermain air di bawah Jembatan Suramadu. Para pengunjung wisata kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya ini  pun tertarik untuk bermain dan mencari satwa laut  di tepian pantai.

Tidak hanya itu, apabila pengunjung ingin menikmati suasana pemandangan  di sekitar kaki Jembatan Suramadu dapat pula berlayar menggunakan perahu yang disewakan oleh para nelayan. Cukup dengan membayar seharga Rp 5000 per orang, para pengunjung data menikmati pemandangan perairan di bawah Jembatan Suramadu.

Pemandangan matahari tenggelam atau sunset dari kaki Jembatan Suramadu memang terkenal cantik. Tidak heran jika para wisatawan yang datang ke sana pasti dibuat terpesona dengan langit yang berwarna oranye dan matahari terbenam yang berwarna kuning.

Dengan adanya wisata kaki Jembatan Suramadu ini bisa meningkatkan kesejahteraan para nelayan di sekitar kawasan tersebut. Pendapatan nelayan per harinya bervariasi antara Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda mengunjungi lokasi wisata kaki Jembatan Suramadu ini untuk mengisi waktu liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *