Ini Arti Simbol Logo HUT RI Ke 97 Buatan Warga Surabaya - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, June 25, 2024

Ini Arti Simbol Logo HUT RI Ke 97 Buatan Warga Surabaya

Ini Arti Simbol Logo HUT RI Ke 97 Buatan Warga Surabaya


Kabar Surabaya - Pada hari Senin sore, 24 Juni 2024, Istana Kepresidenan merilis logo dan tema resmi untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia yang akan jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang.


Seperti tradisi di tahun-tahun sebelumnya, logo HUT ke-79 ini menampilkan desain yang sederhana, terdiri dari angka 7 dan 9 berwarna merah. Tema yang diusung tahun ini adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju."


Dalam konferensi pers yang diadakan di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden, menjelaskan bahwa tema ini dipilih untuk mencerminkan transisi pemindahan ibu kota negara serta transisi pemerintahan.


"Kita berkumpul di sini untuk meluncurkan logo HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia, yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sekretariat Negara. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan negara kita," ujarnya.


Heru Budi juga menguraikan makna di balik desain logo tersebut. Ujung angka 7 yang menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang mencerminkan salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, melambangkan kekuatan negara.


Angka 7 yang berbentuk panah mengarah ke kanan atas adalah simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor dalam rangka mencapai misi menggerakkan perekonomian.


Lengkungan yang saling terhubung dari berbagai arah melambangkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

“Bentuk dahan dan daun pada angka 9 menggambarkan prinsip pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, serta selalu memperhatikan akar budaya dan identitas,” tambah Heru Budi.


Selanjutnya, kaki dari angka 7 dan 9 yang membentuk dua tangan yang bersatu melambangkan persatuan masyarakat Indonesia meskipun terdapat perbedaan pendapat. Dua gelombang yang berada di atas angka 7 dan di bawah angka 9 menggambarkan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan.


Sebagai informasi tambahan, logo HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia ini adalah hasil desain dari Inggrid Wenas, seorang anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad