Kota Lama Hadirkan Becak Hias Untuk Susuri Rute Heritage, Harga Rp20.000 - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, June 28, 2024

Kota Lama Hadirkan Becak Hias Untuk Susuri Rute Heritage, Harga Rp20.000

Kota Lama Hadirkan Becak Hias Untuk Susuri Rute Heritage, Harga Rp20.000 


Kabar Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengadakan soft launching untuk kawasan Kota Lama zona Eropa yang terletak di Jalan Rajawali, Krembangan, Surabaya, pada Kamis (27/6/2024). Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.


Acara dimulai di depan gedung Internatio, diawali dengan hiburan musik tempo dulu dan pertunjukan teatrikal berjudul 'Pertempuran Tiga Hari' oleh Komunitas Roodebrug Surabaya. Setelah pembukaan, Pemkot Surabaya telah menyiapkan sejumlah paket wisata untuk para pengunjung, yang bekerja sama dengan komunitas-komunitas di Kota Pahlawan.


Paket wisata yang ditawarkan meliputi penyewaan baju bertema Eropa untuk berfoto, sepeda listrik, dan tur keliling kawasan Kota Lama menggunakan mobil Jeep kuno. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan bahwa pembukaan Kota Lama zona Eropa bertujuan untuk mengenang sejarah yang terjadi di Kota Surabaya, khususnya peristiwa terbunuhnya Jenderal AWS Mallaby oleh arek-arek Suroboyo.

"Kota Lama ini akan membangkitkan kembali kenangan tentang tempat-tempat bersejarah di Surabaya. Di sini ada mobil Jenderal Mallaby yang tewas di Surabaya dengan perjuangan arek-arek Suroboyo. Kita bisa mengenang Kota Lama dan warisan sejarahnya," kata Eri.



Eri juga menyebutkan bahwa Kota Lama zona Eropa nantinya akan menjadi tempat bagi anak muda Surabaya untuk berkegiatan. Pemkot Surabaya merencanakan berbagai acara seperti lomba E-Sport, kompetisi menari, dan DJ.

"Kota Lama akan menjadi pusat kegiatan anak muda. Kita akan menggelar lomba E-Sport pada tanggal 26 Juli, ada kompetisi dance dan DJ yang akan dilakukan di sini," jelas Eri.


Eri juga mengundang komunitas-komunitas untuk memanfaatkan potensi Kota Lama. Mereka dipersilakan menggunakan kawasan tersebut untuk berkumpul atau berkegiatan.

"Silakan gunakan Kota Lama sebagai tempat berkumpul, berkegiatan, dan lainnya. Mau membuat souvenir juga silakan, saya ingin Kota Lama ini dimaksimalkan potensinya," tambah Eri.


Eri menjelaskan bahwa pengembangan dan penataan Kota Lama akan terus dilakukan, termasuk penataan tenant makanan. Street food dan coffee shop akan difokuskan di sepanjang Jalan Karet.

"Ada tenant, tapi kita yang menentukan. Pemkot menyediakan tempat, nanti komunitas di Surabaya yang akan mengelolanya. Saya berharap ini menjadi tempat bagi anak muda untuk mengekspresikan kreasi mereka dan membentuk komunitas. Ayo, ini adalah tempat untuk anak muda," papar Eri.


Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah, menyebutkan bahwa sejumlah paket wisata yang disediakan Pemkot Surabaya sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung mulai hari ini.

"Paket wisatanya akan aktif setiap hari dan bisa dinikmati mulai hari ini. Hanya saja becak listriknya akan menunggu grand launching pada Rabu (3/7/2024)," ujar Hidayat.


Hidayat menambahkan bahwa paket wisata ditawarkan dengan harga yang bervariasi, seperti penyewaan baju bertema Eropa mulai dari Rp35 ribu, tur keliling menggunakan becak kayuh seharga Rp20 ribu, dan tur dengan mobil Jeep dengan biaya Rp45 ribu untuk 45 menit.

"Kami bekerja sama dengan sejumlah komunitas untuk paket wisata atau hiburan ini. Kami menyediakan tempatnya, mereka yang mengisi," pungkasnya.


Perlu diketahui, setelah menggelar soft launching, Pemkot Surabaya juga akan mengadakan grand launching pada Rabu (3/7/2024) mendatang.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad