Masjid Al-Muslimun Surabaya Hantarkan Daging Hewan Qurban Langsung Ke Rumah Warga - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, June 18, 2024

Masjid Al-Muslimun Surabaya Hantarkan Daging Hewan Qurban Langsung Ke Rumah Warga

Masjid Al-Muslimun Surabaya Hantarkan Daging Hewan Qurban Langsung Ke Rumah Warga



Kabar Surabaya - Pada Hari Senin (17/06/2024), seluruh umat Muslim di Indonesia melaksanakan penyembelihan hewan Qurban dalam rangka memperingati Idul Adha 1445 Hijriyah. Demikian juga dengan Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata Surabaya. Pada tahun ini sebanyak 20 ekor sapi dari pihak jama'ah siap untuk disembelih.


Sama seperti pada tahun sebelumnya, Masjid Al-Muslimun tidak melakukan penyembelihan mandiri diarea Masjid. Masjid yang berada di komplek perumahan Rungkut melakukan mempercayakan proses pengolahan hewan Qurban kepada Rumah Potong Hewan yang berada di Krian - Sidoarjo.




Dikarenakan banyaknya hewan Qurban yang akan disembelih, maka sebagian takmir Masjid Al-Muslimun harus rela untuk melaksanakan Ibadah Sholat Ied di Kota Krian. Hal ini mutlak dilakukan agar pelaksanaan kegiatan berjalan dengan cepat dan lancar. Karena semua takmir berkomitmen untuk melakukan distribusi daging qurban secara cepat, sehingga peng-Qurban dan warga bisa menerima daging dalam kondisi masih segar.



Penyembilan hewan Qurban ini dimulai tepat pukul 07.30wib dan berlangsung cukup cepat. Sekitar pukul 10.00wib, semua sapi qurban sudah disembelih. Pemecelan dan pengepakan daging juga berjalan cukup cepat. Sehingga pada waktu yang sama, sebagian daging qurban sudah dikirim dengan menggunakan mobil berpendingin menuju ke Surabaya. Sementara mobil kedua sudah siap untuk dimuat dan terjadwal berangkat juga ke Surabaya sebelum adzan Dzuhur berkumandang.



Sesampainya di Masjid Al-Muslimun tanpa menunggu lama, semua daging qurban langsung dipindahkan kedalam pick-up untuk langsung dibagikan. Area penyebaran daging juga cukup luas, karena mencapai lingkungan di luar Perumahan Rungkut Barata seperti untuk warga di RW 01, 02 dan RW 04. Termasuk juga permintaan dari Yayasan soaial, maupun Panti Asuhan dan Kelompok masyarakat lainnya.




Ada 3 kategori kemasan daging Qurban yang dibagikan, Pertama untuk peng-Qurban berupa daging tanpa lemak sebanyak 5kg ditambahkan bagian organ seperti hati paru maupun jantung. Daging ini dikemas dalam kotak kardus warna coklat. Sedangkan untuk semua warga di Perumahan Rungkut Barata daging qurban dikemas dalam kotak plastik dan untuk warga di luar Rungkut Barata, dikemas dalam kantong plastik. 



Semua distribusi daging ini tuntas dilakukan sebelum Adzan Ashar berkumandang. Dari laporan panitia, semua warga yang menerima daging merasa senang. Karena daging diterima cepat dan dalam kondisi segar. Sehingga bisa langsung diolah menjadi aneka menu masakan yang lezat. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad