Pencuri Kotak Amal Masjid Sukses Jadi Sansak Hidup Warga - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, June 20, 2024

Pencuri Kotak Amal Masjid Sukses Jadi Sansak Hidup Warga

Pencuri Kotak Amal Masjid Sukses Jadi Sansak Hidup Warga


Kabar Surabaya - Seorang pria dari Gading, Malang, menjadi korban amukan warga setelah ketahuan mencuri uang kotak amal di sebuah musala di Gedangan, Sidoarjo, pada Rabu (19/6/2024) sekitar pukul 13.30 WIB.


Menurut Iptu Roni Endratmoko, Kanit Reskrim Polsek Gedangan, pria berusia 37 tahun tersebut awalnya berpura-pura melaksanakan salat di musala tersebut. Setelah merasa situasi aman, pria tersebut mulai menjalankan aksinya dengan mencongkel kotak amal menggunakan linggis.

"Uang dari kotak amal dimasukkan ke dalam tas. Jumlahnya sekitar Rp2 juta. Setelah itu, ia mencoba melarikan diri," ungkap Roni saat diwawancarai Radio Suara Surabaya pada Rabu sore.



Namun, aksinya terlihat oleh salah satu warga yang langsung mengejarnya. Tak butuh waktu lama, pencuri tersebut berhasil ditangkap. Pria tersebut sempat dihakimi massa sebelum akhirnya diamankan oleh polisi dan dibawa ke Polsek Gedangan. Menurut Roni, pelaku merupakan residivis untuk kasus yang sama.

"Pelaku pernah dipenjara karena kasus serupa, yaitu mencuri kotak amal, pada tahun 2023. Dia kembali melakukan aksinya karena alasan tidak memiliki pekerjaan," kata Roni.


Roni menambahkan bahwa atas perbuatannya, pelaku terancam hukuman penjara hingga lima tahun. Selain itu, Roni juga mengimbau warga untuk tidak main hakim sendiri.

"Emosi warga tadi terpancing karena yang dicuri adalah uang kotak amal. Kami berusaha memberi pemahaman kepada warga untuk tidak main hakim sendiri," tutur Roni.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad