Resmi !!, Seluruh Dosen Dan Staff FK UNAIR Mogok Mengajar - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, July 5, 2024

Resmi !!, Seluruh Dosen Dan Staff FK UNAIR Mogok Mengajar

Resmi !!, Seluruh Dosen Dan Staff FK UNAIR Mogok Mengajar


Kabar Surabaya - Pada Rabu, 3 Juli 2024, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr dr Budi Santoso SpOG FER (Prof BUS), diberhentikan dari jabatannya. Keputusan mendadak dari Rektor Unair ini menuai reaksi keras dari kalangan akademisi. Salah satu guru besar FK Unair, Prof Dr dr Abdul Hafid Bajamal SpBS (K), mengajak dosen dan staf FK Unair untuk mogok kerja sebagai bentuk protes.


"Kita akan bergerak mulai sekarang. Semua dosen, wakil dekan, dan bagian staf FK saya usulkan untuk mogok mengajar mulai hari ini. Setuju? Sampai Prof BUS dikembalikan ke tempatnya," kata Prof Hafid dalam aksi pada Kamis, 4 Juli 2024, yang disambut dengan dukungan penuh dari para peserta aksi.



Prof Hafid menyatakan bahwa para pejabat, dosen, dan staf FK Unair telah sepakat untuk mogok kerja guna mendesak Rektor Unair agar mengembalikan jabatan Dekan FK kepada Prof BUS.


Guru Besar Bedah Saraf ini menganggap keputusan Rektor Unair untuk mencopot Prof BUS sebagai tindakan yang tidak berdasar. Dalam aksinya, Prof Hafid mengajukan beberapa pertanyaan retoris yang dijawab dengan tegas oleh para peserta aksi.

"Saya tanya kepada saudara-saudara, apakah Prof BUS melakukan tindakan asusila? Apakah Prof BUS melanggar hukum? Apakah Prof BUS teroris? Apakah Prof BUS melakukan korupsi? Cukup buat kita," seru Prof Hafid.


Selain itu, Prof Hafid menyampaikan kritik tajam terhadap kondisi civitas academica yang menurutnya selama ini kurang aktif dalam menyuarakan pendapat di tengah suasana demokrasi.

"Tahukah saudara, di tengah hingar bingar demokrasi, tidak ada satupun aktivitas civitas academica yang dilakukan. Kenapa? Karena kita dijadikan katak dalam tempurung," ungkapnya.


"Hari itu sudah berakhir, saudara-saudara. Hari ini kita harus berani berbicara. Apa yang benar harus kita sampaikan, keadilan kita suarakan. Jangan jadi penjilat, jangan jadi munafik karena jabatan tidak naik. Hari ini semua harus bersikap tegas. Bukan zamannya lagi kita sendiko dawuh. Kita akademisi!" serunya.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad