UPDATE, Kondisi Kebocoran Pipa PDAM Joyoboyo Terkini !!! - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, July 8, 2024

UPDATE, Kondisi Kebocoran Pipa PDAM Joyoboyo Terkini !!!

UPDATE, Kondisi Kebocoran Pipa PDAM Joyoboyo Terkini !!!


Kabar Surabaya - PDAM Surya Sembada Surabaya berusaha menyelesaikan kebocoran pipa yang terjadi akibat pembangunan terowongan yang menghubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Penyelesaian diharapkan tuntas pada Senin (8/7/2024) hari ini.


Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya, Arief Wisnu Cahyono, menyatakan bahwa pihaknya sedang mengupayakan penutupan aliran air.

“Namun, karena pipa tersebut sudah tua, beberapa titik koordinatnya tidak sesuai dengan aplikasi peta kami. Oleh karena itu, kami perlu melakukan pemetaan ulang agar bisa menutup aliran air dengan tepat,” jelas Arief pada Senin (8/7/2024).



Arief menjelaskan bahwa terdapat dua titik kebocoran pipa yang perlu diisolasi agar tidak mengganggu pengerjaan proyek.

“Ada dua lokasi kebocoran pipa. Yang penting adalah mengisolasi kebocoran tersebut agar jalur pipa tidak mengganggu proyek terowongan. Belum tentu pipa tersebut akan dipindah, bisa jadi hanya akan ditutup karena merupakan pipa lama,” paparnya.


Arief menambahkan bahwa PDAM masih melakukan observasi untuk memutuskan apakah pipa akan diganti dengan yang baru atau hanya ditutup. Untuk daerah yang aliran airnya terdampak, ia memastikan sudah kembali normal.

“Sebetulnya sudah selesai dan aliran air sudah mulai mengalir ke masyarakat. Permasalahannya bukan di aliran air, melainkan penyesuaian dengan lokasi proyek. Beberapa penyesuaian di lapangan harus dilakukan, termasuk jalur pipa yang baru,” tandasnya.


Direktur Operasional PDAM Surya Sembada Surabaya, Nanang Widyatmoko, menambahkan bahwa derasnya aliran air disebabkan oleh kebocoran pipa yang masih terjadi. Ia memastikan pihaknya berupaya menyelesaikan pengerjaan tersebut hari ini.

“Di sekitar area bocor ada dua pipa berdiameter 450 mm. Kemarin, kebocoran di satu titik sudah kami selesaikan, tetapi saat pengaliran kembali, aliran air masih deras di titik bocor. Kemungkinan pipa yang satunya juga bocor. Upaya penanganan terus kami lanjutkan, dan kami berharap hari ini bisa diselesaikan,” tandas Nanang.


Sebelumnya, Jalan Wonokromo Surabaya menuju Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih tergenang air akibat pecahnya pipa PDAM di proyek terowongan Joyoboyo pada Sabtu (6/7/2024) siang. Akibatnya volume air mengecil hingga tidak keluar di beberapa kawasan seperti Bumiarjo, Hayam Wuruk, Kesatrian, Gajah Mada, Pulo Wonokromo, Pulo Tegalsari, Dukuh Kupang, Pasar Kembang, dan sekitarnya.



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad