Sidak Terowongan Terminal Joyoboyo - KBS, Seperti Ini Kondisinya - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, August 8, 2024

Sidak Terowongan Terminal Joyoboyo - KBS, Seperti Ini Kondisinya


Sidak Terowongan Terminal Joyoboyo - KBS, Seperti Ini Kondisinya


Kabar Surabaya - Pembangunan terowongan pejalan kaki yang menghubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dengan Kebun Binatang Surabaya (KBS) ditargetkan rampung pada Oktober 2024. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengungkapkan bahwa pemasangan struktur bangunan ditargetkan selesai pada September ini, sehingga penyelesaian terowongan diharapkan dapat tercapai pada bulan berikutnya.
"Saya targetkan struktur bangunan selesai 100 persen pada September. Dengan begitu, pengerjaan arsitektur dan finishing akan selesai di Oktober," ujar Eri Cahyadi di Balai Kota Surabaya, Rabu (7/8/2024).




Eri menambahkan bahwa timnya akan melakukan pengecekan pada September untuk memastikan fungsionalitas terowongan tersebut. "Kita akan cek dulu pada September, apakah fungsionalitasnya sudah bisa berjalan atau belum. Ini terjadi ketika struktur terowongan di TIJ sudah selesai dan tersambung dengan pintu masuk KBS," jelasnya.



Saat ini, lanjut Eri, proses pengerjaan tiang penyangga hampir selesai, meskipun sempat terhambat oleh kebocoran pipa PDAM di area proyek. "Pengerjaan tiang penyangga akan selesai dalam empat hari ke depan. Setelah pipa PDAM tidak lagi berfungsi, tiang pancang bisa segera dipasang. Insya Allah, pada minggu ketiga Agustus, semua tiang pancang sudah terpasang," imbuhnya.



Lebih lanjut, Eri meminta agar pembangunan pintu masuk KBS yang berada dekat dengan terowongan segera diselesaikan, sehingga pengunjung bisa segera menikmati keindahan terowongan tersebut. "Saya juga meminta Asisten 1 berkoordinasi dengan Cipta Karya untuk menyelesaikan pembangunan pintu masuk selatan KBS. Dengan demikian, pengunjung yang keluar dari terowongan dapat merasakan suasana berbeda karena langsung berada di KBS," ujarnya.



Menurut Eri, bangunan pintu masuk tersebut tidak terlalu sulit dikerjakan karena tidak berbahan beton, melainkan kayu. "Bangunan ini tidak terlalu sulit karena menggunakan kayu, bukan beton, sehingga bisa cepat selesai. Pengunjung akan merasakan suasana yang berbeda begitu mereka memasuki area KBS," tutupnya.



Diketahui sebelumnya, proyek terowongan bawah tanah yang menghubungkan TIJ dan KBS sudah dimulai sejak Sabtu (15/6/2024). Selama proses pembangunan, beberapa ruas jalan mengalami penutupan untuk mempercepat pengerjaan. Terowongan sepanjang 160 meter tersebut diperkirakan memakan waktu sekitar tiga bulan untuk diselesaikan. Pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan di sekitar Jalan Joyoboyo untuk memperlancar proses konstruksi.



Kasubnit Jemen Opsrek Audit Inspeksi Satlantas Polrestabes Surabaya, Aiptu Abdul Roup, menyatakan bahwa mekanisme pengalihan lalu lintas telah disiapkan di sekitar Jalan Joyoboyo. "Kami sudah menyiapkan papan informasi terkait pengerjaan yang dimulai dari Jalan Mastrip, Jalan Gunung Saru, dan Jalan Tol yang akan turun ke Jalan Joyoboyo," ungkapnya di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Jumat (14/6/2024). 







No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad