Geger Kemunculan Buaya Putih Di Kawasan Gunung Anyar Surabaya - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, September 29, 2024

Geger Kemunculan Buaya Putih Di Kawasan Gunung Anyar Surabaya

Geger Kemunculan Buaya Putih Di Kawasan Gunung Anyar Surabaya


Kabar Surabaya - Seekor buaya ditemukan di sungai yang terletak di sekitar Jalan Ir. Soekarno, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. Buaya ini diketahui merupakan bagian dari habitat alami di wilayah tersebut. Berdasarkan unggahan di akun Instagram @siagakota.surabaya, seorang warga berhasil merekam video yang memperlihatkan aliran sungai di antara pepohonan, dengan latar belakang kampus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Dalam video itu, terlihat seekor buaya berukuran sedang dengan warna putih muncul di permukaan air.



Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Surabaya, Buyung Hidayat, menjelaskan bahwa kemunculan buaya di daerah ini tidaklah aneh, karena lokasi tersebut memang merupakan habitat asli buaya muara yang dekat dengan kawasan mangrove di sekitar pantai. "Memang habitatnya di situ, buaya muara dekat pantai, berbeda dengan buaya yang hidup di sungai besar lainnya," kata Buyung pada Minggu (29/9/2024).


Masyarakat setempat sebenarnya sudah mengetahui keberadaan buaya muara di wilayah tersebut. Namun, Buyung tetap mengimbau warga untuk tetap berhati-hati dan tidak sembrono. "Warga diingatkan untuk waspada dan tidak bermain-main di sekitar sungai. Meskipun buaya biasanya tidak menyerang, mereka memiliki mekanisme pertahanan diri jika merasa terganggu," tegasnya.


Di sisi lain, Kepala Seksi KSDA Wilayah III BBKSDA Jatim, Gatut Panggah Prasetyo, mengatakan bahwa timnya akan dikerahkan untuk memantau lebih lanjut terkait kemunculan buaya ini. "Kami akan mengirim anggota untuk memeriksa situasi di lokasi," ujar Gatut singkat.


Masyarakat diharapkan tetap waspada dan menghindari kegiatan yang bisa mengganggu habitat satwa liar di wilayah tersebut.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad