Program Cek Kesehatan Gratis Masjid Al-Muslimun Buat Lansia Dhuafa Sehat Dan Bahagia - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, September 15, 2024

Program Cek Kesehatan Gratis Masjid Al-Muslimun Buat Lansia Dhuafa Sehat Dan Bahagia

Program Cek Kesehatan Gratis Masjid Al-muslimun Buat Lansia Dhuafa Sehat Dan Bahagia



Kabar Surabaya - Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid juga harus bisa memberikan nilai manfaat kepada masyarakat yang ada disekitarnya. Terutama bagi masyarakat yang tergolong sebagai dhuafa dan lansia. Hal ini juga dilakukan oleh Masjid Al-Muslimun yang berada di perumahan Rungkut Barata Surabaya.



Dalam kegiatan kesehariannya, Masjid Al-Muslimun selalu berupaya untuk membantu warga dhuafa maupun mereka yang telah berusia lanjut. Seperti halnya yang dilakukan pada hari Sabtu (14/09/2024) pagi kemarin. Dengan menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Masjid Al-Muslimun menggelar Bhakti Sosial berupa layanan pemeriksaan kesehatan bagi para dhuafa lansia.


Event yang dimulai pada pukul 08.30wib ini rupanya lagsung mendapatkan perhatian masyarakat yang tinggal di sekitar Masjid Al-Muslimun. Sejak pukul 07.00wib, satu persatu warga yang telah mendapatkan tiket undangan mendatangai lokasi kegiatan. 


Tjatur, selaku Ketua Takmir Masjid Al-Muslimun mengungkapkan bahwa keseluruhan warga yang diundang berjumlah 75 orang. Mereka berasal dari warga di sekitar masjid mulai dari RW 01 hingga RW 04 yang ada di Kelurahan Rungkut Menanggal Surabaya.  


Kegiatan yang bertajuk Bakti Sosial Check Kesehatan Untuk Dhuafa ini melibatkan puluhan tenaga dari Program Studi Kedokteran Fisik dan Rehabilitas  (KFR) Unair dan Kelompok Peduli Lingkungan (KPL) Unair. Dalam melaksanakan kegiatannya ini mereka menggunakan ruangan yang ada di Gedung Dakwah Masjid Al-Muslimun.


Sebelum acara pemeriksaan kesehatan dimulai, warga yang datang mendapatkan sosialisasi mengenai penyebab, bahaya dan penanganan diabetes yang sering dikeluhkan oleh lansia. Setelah itu, satu-persatu warga bergiliran mulai masuk kedalam ruangan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. 


Pada pemeriksaan pertama, warga mendapatkan pemeriksaan gerak berupa test kecepatan berjalan. Hal ini untuk menguji kesehatan motorik dari para lansia. Setelahnya merekan akan mendatangi meja pemeriksaan secara detail berdasarkan keluhan yang dialami. Selain itu mereka juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan wajib seperti asam urat, kolesterol dan tensi darah.


Meskipun lansia yang hadir mencapai puluhan orang, namun kegiatan berjalan cukup cepat. Hal ini dikarenakan ada 4 meja pemeriksaan yang tiap mejanya diisi oleh 3 sampai 4 tenaga medis. Setelah itu mereka mandapatkan obat sesuai dengan gejala kesehatan yang dialami. 


Tidak itu saja, para lansia juga mendapatkan santunan uang tunai dan bingkisan sembako berupa minyak goreng, mie instan, sarden, kecap, gula dan biskuit. 

"Alhamdullilah, semua yang kami siapkan bersama anggota Biro Sosial lainnya seperti Ibu Aisyah berjalan dengan lancar. Ini adalah salah satu upaya kami untuk mensejahterakan para lansia dhuafa yang ada di sekitar Masjid Al-Muslimun," terang Ibu Surya. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad