Open House Balai Yasa Surabaya, Ada Apa Saja Di Bengkel Sepur Gubeng ? - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, October 6, 2024

Open House Balai Yasa Surabaya, Ada Apa Saja Di Bengkel Sepur Gubeng ?

Open House Balai Yasa Surabaya, Ada Apa Saja Di Bengkel Sepur Gubeng ?


Kabar Surabaya - Acara Open House "Bengkel Sepur" di Balai Yasa Surabaya Gubeng menjadi salah satu momen yang paling dinantikan oleh para pecinta kereta api. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan HUT ke-79 KAI yang jatuh setiap tanggal 28 September.


Open House Balai Yasa Surabaya Gubeng tahun ini diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari Jumat (4/10/2024) hingga Minggu (6/10/2024). Acara ini membuka kuota hingga 5.000 pengunjung setiap harinya dan yang menarik, pengunjung dapat masuk tanpa dipungut biaya.



Balai Yasa Surabaya Gubeng didirikan pada tahun 1912 oleh pemerintah kolonial Belanda, dan lokasinya berada tidak jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng. Tempat ini dikhususkan untuk melakukan perawatan kereta api antarkota dan aglomerasi, mulai dari kelas eksekutif (K1), bisnis (K2), hingga ekonomi (K3). Selain itu, kereta pembangkit, kereta makan, dan rangkaian kereta api lokal di wilayah Surabaya dan Malang juga mendapatkan perawatan di sini.


9 Spot Menarik di Open House "Bengkel Sepur" Balai Yasa Surabaya Gubeng

1. Kereta Crane "Baladewa"

Pengunjung bisa melihat kereta crane legendaris yang dahulu dikenal sebagai Kumbokarno. Kereta ini dinamakan berdasarkan tokoh raksasa dari cerita rakyat Jawa, yang hanya digunakan ketika diperlukan. Kini, kereta tersebut telah menjadi monumen dengan nama "Baladewa."


2. Kereta Panoramic

Kereta ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman melihat pemandangan dengan jendela besar dan atap transparan. Kereta Panoramic berwarna hijau tua dengan aksen keemasan ini menjadi salah satu spot favorit di acara ini. Antrinnya bisa sangat panjang untuk bisa melihat dalamya kereta ini meski haya dibatasi waktu 5 menit saja.


3. Kereta Restorasi

Kereta makan atau restorasi ini memiliki suasana seperti cafe, lengkap dengan meja dan kursi yang nyaman. Pengunjung bisa merasakan pengalaman berada di dalam kereta yang didesain untuk menyediakan fasilitas makan.


4. Perbaikan Gerbong

Balai Yasa Surabaya Gubeng berfungsi sebagai bengkel untuk perbaikan gerbong kereta. Selama open house, pengunjung bisa melihat langsung proses perbaikan beberapa gerbong yang sedang dikerjakan.


5. Peralatan Perbaikan

Selain melihat kereta, pengunjung juga bisa belajar tentang berbagai peralatan yang digunakan dalam perbaikan kereta api. Pemandu dari KAI akan memberikan penjelasan rinci mengenai fungsinya. Sehingga selain berwisata, pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi mengenai hal-hal teknis kereta api


6. Roll Wagon

Pengunjung juga bisa merasakan pengalaman menaiki Roll Wagon, yang digunakan untuk memindahkan kereta di dalam Balai Yasa. Petugas KAI akan mengoperasikan Roll Wagon ini untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung.


7. Lokomotif Vintage

Salah satu daya tarik utama lainnya adalah lokomotif kuno buatan Krupp, Jerman. Pengunjung dapat naik dan berfoto di lokomotif ini selama acara berlangsung.


8. Stand UMKM

Bagi yang ingin membawa pulang cenderamata atau mencicipi kuliner lokal, acara ini juga menyediakan stand UMKM yang menjual berbagai produk, mulai dari makanan, minuman, hingga suvenir.


9. Bintang Tamu Spesial

Acara Open House Balai Yasa Surabaya Gubeng 2024 ini akan ditutup dengan penampilan spesial dari musisi Anji dan Donnie Sinarani pada hari Minggu (6/10/2024), menjadikannya penutup yang sempurna untuk rangkaian acara seru ini.


Dengan beragam atraksi dan pengalaman edukatif yang ditawarkan, Open House "Bengkel Sepur" ini tidak hanya menjadi momen untuk menikmati sejarah perkeretaapian, tetapi juga kesempatan untuk mendekatkan publik dengan dunia perkeretaapian.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad